Analisis Aktivitas Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Matematika

S Saharia(1*), Suradi Tahmir(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9461

Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang berasal dari salah satu sekolah swasta di Makassar yang memiliki nilai lapor matematika tertinggi dan pernah mengikuti olimpiade matematika. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa berprestasi dilakukan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pemaparan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh aktivitas belajar matematika siswa berprestasi yaitu memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik, menulis/mencatat materi yang ditulis oleh gurunya, aktif dalam proses pembelajaran, menjadi tutor, segera mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya, selalu mengerjakan soal-soal latihan olimpiade, selalu meluangkan waktu untuk belajar matematika baik di sekolah maupun diluar sekolah, belajar matematika di berbagai referensi, mengikuti bimbingan belajar olimpiade di sekolah, mengikuti bimbingan belajar atau kursus di luar sekolah, mengikuti karantina di sekolah sebelum lomba olimpiade.

Kata Kunci: Aktivitas belajar, siswa berprestasi, dan pembelajaran matematika

Abstract. The type of research is a qualitative research  using descriptive approach. This subject research is 3 students who come from one of private schools in Makassar with highest score of mathematical and had ever followed mathematics olympiad. To know learning activities of student with high achievement SMP Islam Athirah Makassar conducted several techniques of data collection is observation, interview, and field notes. The data analysis techniques used are data exposure, reduction, presentation, conclusions and verification. Based on the result of research and discussion obtained learning activities of  students with high achievement is pay attention and listen explanation well, writing / recording material written by her teacher, active on learning process, tutoring in class, always expressed opinion, became tutor in class, immediately doing the tasks given by her teacher, always doing the exercises of the Olympics, always taking the time to study mathematics in school and outside school, studying mathematics in various references, following the tutorial of studying olympiad at school, follow the guidance of study or courses outside school, follow the quarantine at school before the Olympic race.

Keywords: Learning activities, students with high achievement, and learning mathematics.


Full Text:

PDF

References


Aminatun, A. (2013). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Akademik Kelas IV SD Negeri Sumberrejo Mertoyudan Magelang Jawa Tengah Tahun Akademik 2012/2013. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Anggraeni M, dkk. (2014). Hubungan Tipe Kepribadian Introvert dengan Kecanduan Internet pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Banjarmasin. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Banjarmasin.

Chayaning, R. (2015). Efektivitas Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Lintas Minat Bahasa Jepang di SMAN 1 Ambarawa. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Darsani. (2016). Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Di SMP Dharma Putra Tahun Ajaran 2016/2017 (Disertasi, tidak dipublikasi). Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri Sriwijaya, Sriwijaya.

Jamilah I. (2012). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Stategi Penyelesaian Konflik Pada Anggota Pagar Nusa UIN Maliki Malang. (Skripsi, tidak di publikasikan). UIN Maliki Malang, Malang.

Lestari. (2015). Analisis Terhadap Pola Asuh Dan Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Jurnal.

Maesaroh. (2014). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa yang Berprestasi Belajar Renah di Sekolah Dasar Standar Nasional Al-Irsyad 01 Cilacap. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Martina, V. K. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII SMP N 1 Seyegan. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta.

Mushonif. (2015). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di SMP Negeri 14 Pekalongan. (Skripsi, tidak di publikasikan). STAIN Pekalongan, Pekalongan.

Nawati, D. Y. (2011). Lingkungan Pendidikan Dan Aktivitas Belajar Yang Mendukung Prestasi Belajar Siswa (Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara). (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Prihayanti, W. (2006). Pengaruh Agresivitas dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo 2005/2006. (Skripsi, tidak di publikasikan). FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. (Skripsi, tidak di publikasikan). Universitas Negeri Padang, Padang.


Article Metrics

Abstract view : 1078 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: