Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII

Usman Mulbar(1*), B Bernard(2), Rian Rasmi Pesona(3),

(1) Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9244

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Subjek  penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIyang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) tes kemampuan awal, (2) lembar observasi aktivitas guru, (3) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan (4) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan, (2) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dan (3) rata-rata hasil belajar matematika peserta didik berada di atas nilai KKM dengan tingkat ketuntasan klasil sebesar 86,67%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci:Berbasis masalah, Diferensiasi, Aktivitas, Hasil belajar

 

Abstract.This research is classroom-action research, which aims to increase both pupils' activity and achievement in mathematics. The subjects of this research is the students of class VIII which consisted of 30 students. Technique of collecting data using instrument: (1) pre-test, (2) observation sheet of teacher activity, (3) observation sheet of students activity, and (4) the learning outcome test. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and descriptive analysis. The results show that (1) teacher activity increased, (2) students activity increased, (3) the average of students mathematics learning achievementare above the value of minimal criteria with a classical completeness level of 86,67%. From the research result can be concluded that the implementation of problem-based learning modeleith differentiation learning strategies can improve student learning achievement of class VIII.

Keywords:Problem-based, Differentiation, Activity, Learning achievement.


Full Text:

PDF

References


Amir. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan bagi Anak Berbakat.Edukas. Vol (1). 57-67

Arends, R. (2008). Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Ayudia, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Pasuruan. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Kendran, S.P. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Bantaeng (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Riyanto, D. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sarwoto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Slavin, R.,E. (2009). Teori dan Praktik Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Indeks

Wulandari, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP Negeri 1 SP Padang. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi


Article Metrics

Abstract view : 4159 times | PDF view : 1806 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: