Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa

Muhammad Ade Syam Agung(1*), Suradi Suradi(2), Ilham Minggi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed47558

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA yang terdiri dari empat orang yakni masing-masing dua orang untuk setiap kelompok hasil tes pemecahan masalah trigonometri yang bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes pemecahan masalah trigonometri, tes gaya kognitif MFFT, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir siswa dengan hasil tes pemecahan masalah trigonometri tinggi dengan gaya kognitif reflektif (SRT) cenderung mengalami proses secara asimilasi hingga berada pada equilibrium untuk setiap tahap pemecahan masalah; (2) Proses berpikir siswa dengan hasil tes pemecahan masalah trigonometri tinggi dengan gaya kognitif impulsif (SIT) juga cenderung mengalami proses secara asimilasi hingga berada pada equilibrium, namun mengalami proses secara akomodasi pada tahap merencanakan strategi pemecahan masalah; (3) Proses berpikir siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dengan hasil tes pemecahan masalah trigonometri rendah (SRR dan SIR) cenderung berada pada disequilibrium yaitu tidak dapat mengintegrasikan antara skema yang ada dalam pikirannya dengan pengetahuan yang ada.

Kata Kunci: Proses Berpikir, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Pemecahan Masalah, Trigonometri.

This research aims to describe students' thinking processes in solving trigonometry problems in terms of reflective and impulsive cognitive styles. It is a descriptive study with a quantitative and qualitative approach. The subjects in this research were four students from the 11th grade of a high school, two students in each group representing the reflective and impulsive cognitive styles based on their results in the trigonometry problem-solving test. Data were collected through tests and interviews. The instruments used for data collection included trigonometry problem-solving tests, MFFT cognitive style tests, and interview guidelines. The results of this research indicate that: (1) Students with a reflective cognitive style and high scores in the trigonometry problem-solving test (SRT)tend to undergo an assimilation process, reaching equilibrium at each stage of problem-solving. (2) Students with an impulsive cognitive style and high scores in the trigonometry problem-solving test (SIT) also experience an assimilation process, reaching equilibrium, but undergo accommodation during the stage of planning problem-solving strategies. (3) Students with both reflective and impulsive cognitive styles and low scores in the trigonometry problem-solving test (SRR and SIR) tend to be in a state of disequilibrium, unable to integrate the existing schemes in their minds with their knowledge.

Keywords:Thinking Process, Reflective and Impulsive Cognitive Style, Problem Solving, Trigonometry.



Full Text:

PDF

References


Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Lestari, M. D. (2019). The position and causes of students’ errors in algebraic thinking based on cognitive style. International Journal of Instruction, 12(1), 1431–1444. doi: 10.29333/iji.2019.12191a.

Ali, M. Z. (2015). Proses berpikir dalam menyelesaikan soal matematika materi turunan fungsi berdasarkan kemampuan matematika siswa kelas XI SMA Terpadu Darul Roja Selokajang, Blitar tahun ajaran 2014/2015. [Tesis tidak dipublikasikan, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung].

Faradillah, A. (2018). Analysis of mathematical reasoning ability of pre-service mathematics teachers in solving algebra problem based on reflective and impulsive cognitive style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 119–128. doi: 10.30998/formatif.v8i2.2333.

Fitriyani, H. & Khasanah, U. (2017). Students rigorous mathematical thinking based on cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–7.

Fuady, A., Purwanto, Susiswo, & Rahardjo, S. (2019). Abstraction reflective student in problem solving of mathematics based cognitive style. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 103–107. doi: 10.33750/ijhi.v2i4.50.

Lestari, Y. D. (2012). Metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. Ejournal UNESA.

Muhtarom. (2012). Proses berpikir siswa kelas IX sekolah menengah pertama yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2012 IKIP PGRI Semarang.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Navarro, J. I., Aguilar, M., & Alcalde, C. (1999). Relationship of arithmetic problem solving and reflective-impulsive cognitive styles in third-grade students. Psychological Reports, 85(1), 179–186. doi: 10.2466/pr0.1999.85.1.179.

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Ramadhan, F. & Abidin, Z. (2019). Proses berpikir siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika soal cerita ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Peluang, 7(1), 151–156. doi: 10.24815/jp.v7i1.13519.

Setiani, L. I. N., Vahlia, I., Farida, N., & Suryadinata, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan teori newman ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, pp. 89 –99.

Shodiqin, A., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Mathematics communication ability in statistica materials based on reflective cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). doi: 10.1088/1742-6596/1511/1/012090.

Warli, & Fadiana, M. (2015). Math learning model that accommodates cognitive style to build problem-solving skills. Higher Education Studies, 5(4), 86–98. doi: 10.5539/hes.v5n4p86.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ade Syam Agung, Suradi Suradi, Ilham Minggi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: