Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Guru Matematika pada Kelas IX SMP

Nurul Khariyyah(1*), Muhammad Darwis M(2), Syahrullah Asyari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed47551

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) guru matematika pada materi luas permukaan tabung. Subjek penelitian ini adalah satu orang yang dipilih secara purposif dari tiga orang guru matematika kelas IX SMP. Instrumen penelitian ini yakni peneliti sendiri, lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai subjek penelitian yang menerapkan model PBL di kelas tidak sepenuhnya sesuai dengan teori. Guru memberi perlakuan berbeda terhadap kedua kelas penelitian karena perbedaan kemampuan matematika siswa pada kedua kelas (ketidakadilan epistemik). Juga penerapan model PBL tidak berjalan sebagaimana mestinya dalam pembelajaran. Hal ini karena, di satu sisi masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konteks masalah yang diberikan oleh guru. Di lain sisi, guru masih terbiasa dengan pembelajaran secara konvensional. Oleh karena itu, guru masih cenderung mendominasi kegiatan pembelajaran. Padahal, aktivitas pembelajaran mestinya didominasi oleh siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning, Guru Matematika, Penerapan Model, Luas Permukaan Tabung.

This is a qualitativedescriptive research that aims to analyze the application of the Problem Based Learning (PBL) model of the mathematics teacher on the surface area of the cylinder. The subject of this study was just one person who was selected purposively from three mathematics teachers of grade IX at SMP. The research instruments were the researcher herself, observation sheet, interview guide, and documentation. The data in this study were then analyzed in three stages, namely data condensation, data presentation, as well as conclusion and verification. The results of the research show that the teacher as a research subject who applies the PBL model in class is not fully in accordance with the theory. In addition, she treats the two research classes differently because of the differences in students' mathematical abilities in the two classes (epistemic injustice). Also, the application of the PBL model does not work as it should be in learning. This is because, on the one hand, there is still a lack of students' ability to understand the context of the problem given by the teacher. On the other hand, the teacher is still accustomed to conventional learning. Therefore, the teacher still tends to dominate learning activities. In fact, learning activities should be dominated by students.

Keywords: Problem Based Learning, Mathematics Teacher, Application of The Models, The Surface Area of The Cylinder.



Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press.

Amir, M. T. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arends, R. I. (2014). Learning to teach. New York: McGraw-Hill Educations.

Asyari, S. (2021). Melawan Ketidakadilan Epistemik. (Online). https://mujahiddakwah.com/2021/07/melawan-ketidakadilan-epistemik/. Diakses pada 30 Januari 2023

Fadilah, N. T., Utami, T. S., & Pangestika, R. R. (2019). Penerapan model problem based learning dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Gunantara, G., Md, S., & Riatini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., Arifin, Z. (2018). Desain pembelajaran matematika untuk melatihkan higher order thinking skill. Yogyakarta: UNY Press.

Kurniawan, A. S., Darussalim, P., & Harahap, L. P. (2021). Antusiasme belajar siswa kelas X ilmu pengetahuan bahasa pada lintas minat biologi di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1): 108-117.

Kurniawati, I. L., & Amarlita, D. M. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata pelajaran kimia SMA kelas X dalam materi hidrokarbon. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 78-82.

Mustika, Z. (2015). Pentingnya peranan wali kelas dalam pembelajaran. Intelektualita, 3(1): 65-78.

Mayudana, I. K., & Sukendra, I. K. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2): 129-137.

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1): 17-30.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1): 9-18.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan koneksi matematika dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model problem-based learning (PBL) berbantuan geogebra di SMP. Prisma, 8(1): 1-13

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, D., & Sapti, M. (2006). Optimalisasi pembelajaran konvensional dengan model kontekstual. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Puworejo, 66-80.

Tanswell, F. S. & Rittberg, C. J. (2020). Epistemic injustice in mathematics education. ZDM Mathematics Education 52, 1199–1210. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01174-6.

Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Kemampuan spasial siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga berbahan pipet. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2): 321-330.

Usman, M., & Kristiawati. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari penguasaan materi persyarat. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 8(1): 79-94

Widyanti, S. (2015). Upaya meningkatkan keaktifan belajar dalam kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning siswa kelas VII D SMP negeri 3 Gamping Sleman. Repository Universitas PGRI Yogyakarta.

Yasir, M., Susantini, E., & Isnawati. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis strategi belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia. BioEdu, 2(1): 77-83.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Khariyyah, Muhammad Darwis M, Syahrullah Asyari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: