Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Aldiansyah Ismail(1*), Ruslan Ruslan(2), Hamda Hamda(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed40811

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini menggunakan 6 subjek siswa SMA kelas XI MIPA 2 berdasarkan kemampuan awal matematika yang dari hasil tes tersebut dikelompokkan menjadi kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya, dipilih masing-masing dua siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan matematika, tes kemampuan awal matematika dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis tes kemampuan matematika mengacu pada tiga aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan novelty. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Siswa dengan kemampuan awal tinggi memperoleh tingkat 3, karena memenuhi 2 (dua) aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency) dan keluwesan (flexibility);(2) Siswa dengan kemampuan awal sedang memperoleh tingkat 3, karena memenuhi 2 (dua) aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency) dan kebaruan (novelty);(3) Siswa dengan kemampuan awal rendah memperoleh tingkat 1, karena memenuhi 1 (satu) aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency).

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Matematika, SMA, SPLDV


Full Text:

PDF

References


Ashabulkahfi. (2020). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam menyelesaikan soal Bangun Datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Universitas Muhammadiyah, Makassar.

Asriningsih, T. M. (2014). Pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif. Gamatika, 5(1).

Dewi, H. L., & Marsigit. (2018). Mathematical creative thinking and problem posing: an analysis of vocational high school students’ problem posing. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1)

Dewi, H. R., Mayasari, T., & Handhika, J. (2019). Increasing creative thinking skills and understanding of physics concepts through application of STEM-based inquiry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan rubrik berpikir kreatif siswa menengah atas dalam menyelesaikan masalah matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.

Lidyasari. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Organisasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Maxwell, J., C., (2004), Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam:

Karisma Press

Mufidah, I. (2014). identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan matematika siswa di kelas VII SMPN 1 driyorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 113–119.

Pehkonen, Erkki. (1997), The State-of-Art in Mathematical Creativity. http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf diakses tanggal 14 September 2022.

Purwanto, I. Y. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng Ditinjau dari Prestasi Belajar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Rahmat, J. (2005), Belajar Cerdas: Belajar Berbasis Otak. Bandung: Mizan Leraning

Center (MLC)

Rofiki, I. (2012). Profil pemecahan masalah geometri siswa kelas akselerasi smp ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Surabaya : UNESA.

Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zdm, 29(3), 75-80.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Tohir, M., & Abidin, Z. (2018), Students creative thinking skills in solving two-dimensional arithmetic series through research-based learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), p. 012072). IOP Publishing.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series,948(1), p. 012004. IOP Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aldiansyah Ismail, Ruslan Ruslan, Hamda Hamda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: