Pengaruh Kemandirian Belajar, Kecemasan Matematika dan Prokrastinasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Alimuddin Alimuddin(1*), Awi Dassa(2), Asri Ainun Amaliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32234

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, kecemasan matematika dan prokrastinasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa kelas VIII SMP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar, angket kecemasan matematika, angket prokrastinasi dan tes prestasi belajar matematika Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar, kecemasan matematika dan prokrastinasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) kecemasan matematika berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar matematika siswa, (4) prokrastinasi berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Kata kunci: kemandirian belajar, kecemasan matematika, prokrastinasi, prestasi belajar matematika.

This research is a quantitative study with an ex post facto approach aimed to determine the effect of learning independence, mathematics anxiety, and procrastination on mathematics learning achievement of SMP. The sample in this study was 98 students of class VIII SMP. The data collection techniqueused in this research is questionnaire and test. The instruments used are questionnaire learning independence, questionnaire mathematics anxiety, questionnaire procrastination, and test mathematics learning achievement. The data analysis used the multiple linear regression analysis. The result of the research shows that: (1) learning independence, mathematics anxiety, and procrastination jointly influence student's mathematics learning achievement, (2) learning independence had a positive effect on student’s mathematics learning achievement, (3) mathematics anxiety had a negative effect on mathematics learning achievement. Student’s, (4) procrastination has a negative effect on student’s mathematics learning achievement.

Keywords: learning independence, mathematics anxiety, procrastination, mathematics learning achievement


Full Text:

PDF

References


Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2012). SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. 21st Century Education: A Reference Handbook 21st Century Education: A Reference Handbook, 01(01), I-175-I–183. https://doi.org/10.4135/9781412964012.n19

Hastuti, W. H., & Yoenanto, N. H. (2019). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematika, Dukungan Sosial Guru Matematika, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 116. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1524

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 141–156.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SDN 03 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 89–95. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/196/185

Wijaya, R., Fahinu, & Ruslan. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867

Yulinawati, I., Hartati, S., & Sawitri, D. R. (2009). SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA FAST TRACK. 1–20.

Yuniarti, S., Setyowani, N., & Sunawan. (2018). Minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 7(4), 31–38.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asri Ainun Amaliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: