Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender

Usman Mulbar(1*), Nasrullah Nasrullah(2), Yulinar Yulinar(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32231

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan, (2) tingkat kategori kesalahan, dan (3) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal perpangkatan dan bentuk akar berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat enam subjek penelitian yaitu tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki cenderung melakukan kesalahan konflik level respon dengan kategori kesalahan cukup tinggi dimana siswa sudah berusaha dalam menyelesaikan soal akan tetapi siswa kurang memahami konsep pengerjaan soalnya sehingga gagal mendapatkan kesimpulan yang tepat. Selain itu, siswa hanya menuliskan jawaban akhirnya tanpa disertai alasan atau langkah penyelesaian yang jelas yang disebabkan karena siswa tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengerjakan soal. Sedangkan siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan masalah hirarki keterampilan dengan kategori kesalahan kecil dimana siswa kurang menguasai keterampilan dalam menghitung beberapa operasi hitung yang terdapat dalam langkah penyelesaian soal  dan cenderung melakukan kesalahan selain ketujuh kategori Watson dengan kategori kesalahan kecil dimana siswa tidak menjawab soal karena siswa tidak mengetahui langkah penyelesaian yang harus digunakan dalam pengerjaan karena siswa jarang mengerjakan soal dengan bentuk yang berbeda.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Perpangkatan dan Bentuk Akar, Kriteria Watson, Gender

This study aims to determine: (1) the types of errors, (2) the level of error categories, and (3) the causes of students making mistakes in solving problems of rank and root form based on Watson's criteria in terms of gender differences. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. There are six research subjects, namely three male students and three female students. The instruments used in data collection were test instruments and interview guidelines. The results showed that male students tended to make errors in the response level conflict with a fairly high error category where students had tried to solve the problem but students did not understand the concept of working on the problem so they failed to get the right conclusion. In addition, students only write the final answer without being accompanied by a clear reason or step for solving it because students do not know the right way to work on the problem. Meanwhile, female students tend to make mistakes in the skill hierarchy problem with the small error category where students lack the skills to calculate some arithmetic operations contained in the problem solving step and tend make mistakes other than the seven Watson categories with the small error category where students do not answer questions because students do not know the steps. solution that must be used in the work because students rarely work on problems with different forms.

Key Words: Error Analysis, Powers and Root Forms, Watson Criteria, Gender


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A.H., Abidin, N.L.Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students errors in solving higher order thinking skills (hots) problems for the topic of fraction, Asian Soc. Sci., vol 11, no. 21, pp. 133-142.

Ambarawati, M., Mardiana, & Subanti, S. (2014). Profil proses berpikir kritis siswa kelas viii smp negeri 3 surakarta dalam memecahkan masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari kecerdasan majemuk dan gender, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 9, pp. 984–994.

Arbain, J., Azizah, N., & Sari, I. N. (2015). Pemikiran gender menurut para ahli : telaah atas pemikiran amina wadud muhsin, asghar ali engineer, dan mansour fakih, SAWWAH, vol. 11, no. 1, pp. 75–94.

Ayarsha, R. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Skripsi. Banten: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, [Online], https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33681/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf [diakses 20 Agustus 2021]

Carvalho, R.G.G. (2016). Gender differences in academic achievement : The mediating role of personality. Personality and Individual Differences, vol. 94, pp. 2013–2015.

Dewi, M. A. K., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan kriteria watson ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. KadikmA, 10(1): 56-67, https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/11725 [diakses 20 Agustus 2021]

Dilla, S.C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, vol. 2, no. 1, pp. 129–136.

Goodchild, S & Grevholm, B. (2007). An exploratory study of mathematics test results: what is the gender effect?. International Journal of Sience and Mathematics Education, pp. 161-182.

Huljannah, M., Sugita, G., & Anggraini. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan identitas trigonometri berdasarkan kriteria watson di kelas x sma al-azhar palu. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 164-176.

Kamariah. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kriteria watson di kelas vii mts syekh yususf sungguminasa kabupaten gowa. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar, [Online], http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11725/ [diakses pada 21 Agustus 2021]

Keitel. (2001). Social Justice and Mathematics Education Gender , Class , Ethnicity and the Politics of Schooling. Book Reviews, vol. 33, no. 6, pp. 187-191.

Ketterlin, L. R., & Geller. (2009). Diagnostic assesments in mathematics to support instructional decision making. A peer-reviewed electronic journal. 14(6): 1-11.

Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas x sma negeri 1 plus di kabupaten nabire-papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9): 933-945.

Miles, M., B., Huberman, A., M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a method sourcebook (3rd ed.). Washington DC: Sage Publication. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Permatasari, R.A., Sugiarti, T., & Irvan, M. (2014). Analisis kesalahan berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas v sdn tegal gede 01 error analysis based on categories of error according to watson in solving fractional multipl. Artikel Ilmiah Mahasiswa, vol. 1, no. 1, pp. 1–5.

Prabowo, A. A. (2014). Analisis kesalahan siswa kelas x sma 1 islam gamping yogyakarta dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, W. N. K. (2018). Analisis kesalahan siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal cerita menurut watson pokok bahasan pecahan. Skripsi. Jember: Universitas Jember, [Online], http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85927 [diakses pada 20 Agustus 2021]

Saputri, R. R. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi berdasarkan kriteria watson ditinjau dari perbedaan gender siswa smp kelas VIII. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika konstektual pada materi segiempat berdasarkan analisis newman ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(7): 633-643.

Smetackova, I. (2015). Gender stereotypes , performance and identification with math. Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 190, pp. 211–219

Sunardi. (1995). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitika ruang berdasarkan taksonomi solo. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Malang.

Ulifa, S.N. (2014). Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. ISSN : 2337 – 8166.

Watson, J. (2006). Pro oracle collaboration suite 10 g. New York: Springer-Verlag. [Online]. https://www.springer.com/de/book/9781590596791 [diakses 12 Juli 2021].

Winarsih K. A., Sugiarti, T., & Khutobah. (2015). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan watson dalam menyelesaikan permasalahan pengolahan data siswa kelas vi sdn baletbaru 02 sukowono jember tahun pelajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jember: Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, [Online], 1(1): 1-5, https://docplayer.info/33557935-Winarsih-et-al-analisis-kesalahan-siswa-berdasarkan-kategori-kesalahan-menurut-watson-dalam.html, [diakses pada 21 Agustus 2021]

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). [Online]. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1453/baca-artikel. [diakses 15 November 2020].

Yuliana, D. (2016). Deskripsi kesalahan siswa kelas vii smp pada materi operasi hitung pecahan campuran berdasarkan kriteria kesalahan watson. Jawa Tengah: Skripsi Pendidikan Matematika, [Online], https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9793/2/T1_202012008_Full%20text.pdf [diakses 20 Agustus 2021].


Article Metrics

Abstract view : 557 times | PDF view : 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulinar Yulinar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: