Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Lingkaran

Awi Dassa(1*), Muhammad Dinar(2), Hervina Dewi Astuti(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed32226

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lingkaran. Dua siswa dari kelas IX dipilih sebagai subjek berdasarkan hasil tes kemampuan prasyarat matematika. Setelah itu, tes kemampuan penalaran proporsional diberikan kepada subjek, lalu diwawancara terkait tes tersebut untuk . Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kedua subjek memenuhi indikator kemampuan berpikir aditif, (2) kedua subjek memenuhi indikator kemampuan berpikir multiplikatif, (3) hanya subjek kedua yang memenuhi indikator kemampuan penggunaan rasio yang masuk akal atau tepat, sedangkan subjek pertama belum memenuhi indikator ini, (4) kedua subjek belum memenuhi indikator kemampuan membangun struktur unit (pengelompokan), (5) kedua subjek belum memenuhi indikator kemampuan memahami invarian.

Kata Kunci: Penalaran, Proporsional, Lingkaran, Prasyarat, Matematika

This research aim to analyze student ability of student's proportional reasoning in solving mathematics on circle topic. Two students from grade IX were selected as in term results of math pre-requisite ability test. then, proportional reasoning test was given to subject and interview related to it. The results show that (1) all subjects complete indicator in additive thinking ability, (2) all subjects complete multiplicative thinking ability, (3) second subject only which complete indicator in ability to use a reasonable or appropriate ratio while first subject not complete this indicator, (4) all subject not complete indicator in ability to build a unit structure (grouping), (5) all subject not complete indicator in ability to understand invariance

Keywords: Reasoning, Proportional, Circle, Pre-requisite, Mathematics


Full Text:

PDF

References


Ali, F. A., Dassa, W. & Asdar. 2015. Eksplorasi Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Pangkajene Pangkep-SulSel. Eprints Universitas Negeri Makassar, (Online), (http://eprints.unm.ac.id/8261/, diakses 9 Februari 2020)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Chulsum, U. & Novia, W. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Dahar, R.W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Eka, R. & Susanah. 2013. Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII SMP Negeri II Beji Pasuruan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. MathEdunesa, (Online), Vol. 2, No. 1, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/mathedunesa/article/view/1209, diakses 24 Oktober 2020)

Irpan, S. 2010. Proses Terjadinya Kesalahan dalam Penalaran Poporsional Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi. Beta: Jurnal Tadri Matematika, (Online), Vol. 3, No. 2, (https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/94 , diakses 7 Maret 2021)

Johar, R. 2006. Penalaran Proporsional Siswa SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa Surabaya.

Lamon, S.J. 2008. Teaching Fractions and Ratios for Understanding. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates,Inc.

Langrall, C., & Swafford, J. 2000. Three Ballons for Two Dollars: Developing Proportional Reasoning. Mathematics Teaching in The Middle School, (Online), Vol. 6, No. 4, (https://www.nctm.org/Publications/Mathematics-Teaching-in-Middle-School/2000/ Vol6/Issue4/Three-Balloons-for-Two-Dollars_-Developing-Proportional-Reasoning/ , diakses 7 Desember 2020)

McIntosh, M.B. 2013. Developing Proportional Reasoning in Middle School Students. (Online), (https://www.google.com/search?q=Developing+ Proportional+Reasoning+In+Middle+ School+Student&rlz=1C1GGRV_enID752ID752&oq=Developing+Proportional+Reasoning+In+Middle+School+Student&aqs=chrome..69i57j0.3039j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8# , diakses 29 November 2019)

Permatasari, D.E., Amin, S.M. & Wijayanti, P. 2017. Penalaran Proporsional Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, (Online), Vol. 8, No. 2, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ kreano/article/view/9537/7178 , diakses 23 Oktober 2020)

Risdianti, A. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Gaya Belajar Menurut Kolb. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rochmad. 2010. Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, (Online), Vol. 1, No. 2, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ kreano/article/view/1494/1618 , diakses 7 Maret 2021)

Thalhah, S. Z., Upu, H. & Dassa, A. 2013. Eksplorasi Komunikasi dan Penalaran Matematika dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Immim Putra Makassar. Jurnal Matematika & Pembelajaran, (Online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/ article/view/1124/1107, diakses 9 Februari 2020)

Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Walle, J.A., Karp, K.S., & Williams, J.M.B. 2013. Elementary and Middle School Mathematics:Teaching Developmentally. Boston: Pearson.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hervina Dewi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: