Pengembangan Buku Digital Matematika Saintifik pada Materi Persamaan Kuadrat

Nur Islah Asyhar(1*), A. Asdar(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23850

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan buku digital matematika saintifik untuk materi persamaan kuadrat yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian media oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan serta angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan buku digital matematika. Responden uji coba produk adalah 10 siswa kelas 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Produk memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan respon siswa yang dikategorikan kuat dan respon guru yang dikategorikan sangat kuat.

Kata Kunci:pengembangan, buku digital matematika, pendekatan saintifik, ADDIE

This development research aims to develop valid and practical a digitalmathematics book scientific on the topic of quadratic equations. This research using the ADDIE development model, which includes 5 stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research instrument used is a form of media assessment sheets by media expert and material expert to measure the validity and students and teacher response questionnaires to measure the practicality of a digital mathematics book. Respondents for the product trial are 10 students of class VIII,1. The results showed that the product satisfies validity criteria based on the assessment by material expertand media expert. The product satisfies practicality criteria based on students response are categorized as strong and teacher response is categorized as very strong.

Keywords:development, digital mathematics book, scientific approach, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2011). Buku Digital dan Pengaturannya. Aspirasi, 2(1). 79-95.

Byun, H. S., Choi, J. I., Song, J. S. (2006). The Research on the Prototype Development of Digital Textbook. Journal of Instructional Technology Research, 22(4). 217-224.

Fuada, S., Nainunis, A. I., Aditya, N, W. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS-Sejarah Digital SMP. Jurnal Teknik Informatika, 10(1). 37-48.

Kim,J.H.Y., & Jung,H.Y. (2010). South Korean Digital Textbook Project. Computers in the Schools, 27. 247-265.

Marselina, V., Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2). 196-207.

Prasetya, D. D. (2015). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan, 24(2). 60-64.

Raharjo, H., I’anah. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 119-132.

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 1193-1202). Palembang, Indonesia: Universitas PGRI Palembang

Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1.

Tambunan, L. R., Sundari, E. (2020). Pengembangan Buku Digital pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). 1184-1191.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5). 534-549.

Zaini, H., Darmawan, D., Hernawan, H. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Logika Matematika (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas X SMKN 2 Garut). JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 816-825.


Article Metrics

Abstract view : 345 times | PDF view : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Islah Asyhar, A. Asdar, Nurwati Djam'an

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: