Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Visual Basic Untuk Siswa Kelas VIII SMP

Nurdin Arsyad(1*), N. Nasrullah(2), Adinda Rezeky Anggriani(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23848

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis visual basic dan mendeskripsikan kualitas media berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian media oleh pakar materi, pakar media dan guru untuk mengukur kevalidan; angket respons terhadap media dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan; serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan media. Responden uji coba produk adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah siswa 6 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh pakar materi, pakar media, dan guru diperoleh kriteria sangat baik sehingga media yang dikembangkan dinyatakan valid. Hasil analisis data angket respons gurudan respons siswa terhadap media dikategorikan sangat baik. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan klasifikasi sangat baik sehingga media dinyatakan praktis. Persentase ketuntasan klasikal dari tes hasil belajar siswa mencapai 83,3% sehingga media dinyatakan efektif.

Kata Kunci:pengembangan, media pembelajaran matematika berbasis visual basic, ADDIE.

The purposes of this research are to develop mathematical learning media based on visual basics and describe the quality of the media based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. This type of research is development research with the ADDIE model which includes 5 stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used in this research are the form of media assessment sheets by material experts, media experts, and teachers to measure validity; response questionnaires for the media and observation sheets for the learning implementation to measure practicality; and learning outcomes tests to measure the effectiveness of the media. Respondents for the product trial are students of class VIII SMP which consists of 6 students. The results showed that the assessment by material experts, media experts, and teacher obtained very good criteria so that the media was declared valid. The results of the response questionnaire analysis of teacher and students to the media obtained very good criteria. The results of observations of the implementation of learning showed a very good classification. The percentage of classical completeness from student learning outcomes tests reached 83,3% so the media was declared effective.

Keywords:development, mathematical learning media based on visual basic, ADDIE.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah, 2(1).

Faizah, Rahma, U,& Dara, Y. P. (2017). Psikologi Pendidikan: Aplikasi Teori di Indonesia. Malang: UB Press.

James & James. (1976). Mathematics Dictionary. New York: Van Nostrand Rienhold.

Kusrini & Koniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis membangun sistem informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: ANDI.

Kuswanto, J. (2017). Pengembangan Game Berhitung dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri 3 OKUT. Jurnal Educative, 2(1). 66-67.

Madja, M. S. (1992). Perancangan dan Implementasi Perangkat Ajar Geometri SMTA (Tesis tidak dipublikasikan). PPS UI, Jakarta.

Muslimin & Sunardi. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Kreano, 10(2). 171-172.

Prayoga, D, A. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality pada Perangkat Android. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3).

Rohaeti, E. E, Bernard, M, & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2).

Rosmayanti, D dan Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6). 411-412.

Sudarman. (2000). Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Luas Dan Keliling Segitiga untuk Kelas V Sekolah Dasar(Tesis tidak dipublikasikan). PPS UM, Malang.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwaji, U. T. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 364 times | PDF view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurdin Arsyad, N. Nasrullah, Adinda Rezeky Anggriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: