Kemampuan Translasi Antar Representasi MatematikaSiswa dalam Memecahkan Masalah SPLDVDitinjau dari Kemampuan Matematika

A. Awi(1*), N. Nasrullah(2), Inda Wahyuni(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23846

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan translasi representasi visual ke representasi verbal siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel.Tiga siswa dari kelas IX A dipilih sebagai subjek berdasarkan hasil tes kemampuan matematika.Proses pemecahan masalah yang dilakukan siswa ditinjau berdasarkan 4 langkah Polya. Tes pemecahan masalah berupa soal SPLDV yang diberikan kepada subjek lalu diwawancara terkait tes tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu melewati semua indikator translasi antar representasi untuk setiap masalah yang diberikan. Subjek dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu melewati semua indikator translasi antar representasi untuk satu masalah yang diberikan. Subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu melewati semua indikator translasi antar representasi.

Kata kunci: Translasi, Representasi verbal, Representasi visual, Kemampuan matematika, SPLDV

]This research aim to analyze translation of visual representation to verbal representation in solving two variable system of linear equation topic. three students of grade IX-A were selected as subject in term of result mathematic test. The problem solving process  carried out by students based on Polya four stages. problem solving test like SPLDV was given to subject then interview related to test.The result shows that subject with high mathematic ability pass all translational indicators between representations for each given problem. subject with medium mathematic ability only pass all translational indicators between representations for one given problem. subject with low mathematic ability not pass all translational indicators between representations .

Keywoards : Translation,Verbal representation,Visual representation, Mathematic ability, SPLDV


Full Text:

PDF

References


Amaliyah, R., & Mahmud, N. 2018. Analisis kemampuan Representasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Geometri serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal,Review Pembelajaran Matematika.

(Online), 1(2), (http://Jrpm.Uinsby. ac.id, diakses 11 Juni 2019).

Astuti, R., & Siroj, R., A. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Makalah disajikan Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Pusat penelitian FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, Palembang, 16 September.

Bosse, M., J., Kwaku, A., G., & Meredith R., C. (2011). Assessing the difficulty of mathematical translations :synthesizing the literature and novel findings. International Electronic Journal of Mathematics Education, (Online), 6(3), (http://www.Iejme.com,diakses 31 Oktober 2019).

Faruq, A., Yuwono, I., & Chandra, T., D. 2016. Representasi (Eksternal-Internal) pada Penyelesaian Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, (Online),1(2), (http://Jrpm.Uinsby. ac.id, diakses 11 Juni 2019).

Marliyanti, D. (2016). Kemampuan Translasi Antar Representasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, (Online), 3(5),

(https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, diakses 11 April 2019).

Mudzakkir, H.S. (2006). Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. (Tesis). Bandung:Pasca Sarjana UPI.

NCTM. 2000. Principles and Standar For School Mathematics Education. VA 20191-9988: www.nctm.org.

Pratiwi, D., E. (2013). Penerapan Pendekatan Model Ellicting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, D., Purwanto., Subanji., Hidayanto, E., Anwar, R.,B. (2017). Process of Mathematical Representation Translation from Verbal into Graphic. International Electronic Journal Of Mathematics Education, (Online), 12(3),(https://www.iejme.com, diakses 11 April 2019).

Sofiani, Y. (2019). Profil Translasi Antar Representasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian. (Skripsi). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Warisi, K. (2016). Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. (Skripsi). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.


Article Metrics

Abstract view : 312 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Awi, N. Nasrullah, Inda Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: