Pengaruh Emotional Quotient dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas XI SMA

Nur Rachmat(1*), Ilham Minggi(2), B. Bernard(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23844

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dari Emotional Quotient (EQ) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas XI SMA.Pada analisis ini EQ dan AQ merupakan variabel bebas sedangkan Prestasi Belajar Matematika merupakan variabel terikat.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode cluster proportional random sampling dan jumlah sampel yaitu 158 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes. Adapun instrumen digunakan yaitu(1) angket EQ, (2) angket adversity response profile, dan (3) tes Prestasi Belajar Matematika. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) EQ peserta didik berada pada kategori sedang, dan AQ peserta didik berada pada kategori camper, sedangkan Prestasi Belajar Matematika berada pada kategori rendah, (2) EQmemiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Matematika, dan (3) AQtidak memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Kata kunci: emotional quotient, adversity quotient, prestasi belajar matematika

This study aims to analyze the direct effect of Emotional Quotient (EQ) and Adversity Quotient (AQ) on Mathematics Learning Achievement in class XI SMA. In this analysis, EQ and AQ are independent variables while Mathematics Learning Achievement is the dependent variable. The sampling technique in this study used the cluster proportional random sampling method and the number of samples was 158 students. Data collection techniques, namely by using test and non-test instruments. The instruments used were (1) EQ questionnaire, (2) adversity response profile questionnaire, and (3) mathematics learning achievement test. Methods of data analysis using multiple linear regression analysis techniques. The results showed that: (1) students 'EQ was in the medium category, and students' AQ was in the camper category, while Mathematics Learning Achievement was in the low category, (2) EQ had an influence on Mathematics Learning Achievement, and (3) AQ has no influence on Mathematics Learning Achievement.

Keywords: emotional quotient, adversity quotient, mathematics learning achievement


Full Text:

PDF

References


Adiputra, S., & Mujiati.,(2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. KONSELIR.

Akbar, R. & Hawadi. (2004). Akselerasi: A-Z program percepatan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta: Grasindo.

Goleman, D.,(2002). Kecerdasan Emosional. Terjemahan. Jakarta: Gramedia Purtaka Utama.

Leonard., & Amanah, N., (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perpektif Ilmu Pendidikan. 28(4), 54-63.

Nurhayati, & Fajrianti, N., (2013). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika.Jurnal Formatif. 3(1), 72-77.

Purnama, I., M.,(2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan. Jurnal Formatif, 3(6).233-245.

Setyawan, A., A., & Simbolon, D., (2018). Pengaruh Kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa smk kansai pekanbaru. JJPM. 11(1), 11-18.

Stein, S.J & Book, H.E. (2002). LEDAKAN EQ: 15 PRINSIP DASAR KECERDASAN EMOSIONAL MERAIH SUKSES. Bandung: Penerbit Kaifa

Stolz, P.G. (2000). Adversity Quotient, Mengubah Hambatan menjadi peluang. Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Supardi, U.S.,(2013). Pengaruh Adversity quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika.Jurnal Formatif. 3(1),61-71.


Article Metrics

Abstract view : 624 times | PDF view : 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Rachmat, Ilham Minggi, B. Bernard

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: