Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Bunda Kasih Sudiang

Christian Moanoang(1*), Nurdin Arsyad(2), N. Nasrullah(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23842

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu desain pembelajaran berbasis Hypotetical Learning Trajectory (HLT) pada materi operasi bilangan yang dapat membuat siswa kelas VII memahami materi operasi bilangan bulat dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat.Jenis penelitian yang digunakan adalah Design Research.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.Pada penelitian ini, peneliti membuat HLT sebagai dugaan awal dari aktivitas pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus uji coba hingga didapatkan desain pembelajaran yang diharapkan.Hasil analisis retrospektif menunjukkan desain pembelajaran yang disusun memberikan perubahan positif terhadap siswa kelas VII dalam memahami konsep operasi bilangan bulat.Dari hasil kerja beberapa kelompok diperoleh bahwa sebagian besar siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yaitu memahami bilangan bulat, menentukan hasil penjumlahan bilangan bulat, menentukan hasil pengurangan bilangan bulat serta menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan dengan operasi bilangan bulat. Hasil kerja tersebut disertai dengan dugaan-dugan yang terjadi maupun tidak terjadi dalam proses pembelajaran pada (HLT).

Kata Kunci:Design Research, Dugaan Lintasan Belajar, Operasi Bilangan Bulat.

This research aims to produce a design-based Hypothetical Learning Trajectory (HLT) learning in the integer’s operations materials that can make class VII students understand the integer’s operations materials and resolve issues related to integer’s operations. The type of research used is Design Research. The subject of this study was a grade VII junior high students. In this research, researchers made HLT the earliest suspect of the learning activity carried out in two test cycles until the expected learning design was obtained. The results of a retrospective analysis showed that the design of learning was compiled to provide positive changes to class VII junior high students in understanding the concept of integer’s operations. From the work of several groups, the majority of students have achieved the learning objectives, namely understanding integers, determining the sum of integers, determining the reduction of integers and solve daily problems relating to integer’s operations. The work of students are accompanied by conjectures that occur or do not occur in the learning process that has been compiled in HLT.

Keywords:Design Research, Hypothetical Learning Trajectory, Integer’s Operation


Full Text:

PDF

References


Badriyah, L., As’ari, A.R. & Susanto, H.2016. Profil Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, (pp. 485-491). Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Blair, K.P., Rosenberg-Lee, M., Tsang, J.M., Schwartz, D.L., & Menon, V.2012. Beyond natural numbers: negative number representation in parietal cortex.Frontiers in Human Neuroscience, 6(7). 1-17.

Eswindha, B. & Puspandari, E.K.2016.Pembelajaran Konsep Perkalian Melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan Meronce Karet Yeye.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya, (pp. 285-296). Purwokerto, Indonesia: Universitas Jendral Sudirman.

Nurdin.2011.Trajektori dalam Pembelajaran Matematika.Edumatica, 1(1). 2-7.

Pemu, N & Rahman, A.2018.Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif dan Inovatif, 9(2). 114-119.

Simon, M.A.1995. Reconstructing Mathematics Pedadogy From A Constructivist Perspective.Journal for Reasearch in Mathematics Education, 26(2). 114-145.

Putri, R.I.I.2012. Pendisainan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang pada Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (pp. 17-24). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmadanti, P., Siahaan, S.M., & Fathurohman, A.2015.Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada Materi Elastisitas Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1). 88-99.

Wijaya, A.2009. Hypothetical Learning Trajectory dan Peningkatan Pemahaman Konsep Pengukuran Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (pp. 373-387). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijaya, A.F.C.2015.Profil Kemampuan Analisis Respon Siswa melalui Hypothetical Learning Trajectory sebagai Instrumen Pembelajaran dalam Pengembangan Beragam Kemampuan Siswa.Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (pp. 185-188). Bandung, Indonesia: Institut Teknologi Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 1501 times | PDF view : 493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Christian Moanoang, Nurdin Arsyad, N. Nasrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: