Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat

Grace Lisurara' Sura'(1*), Suradi Tahmir(2), Awi Dassa(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed19914

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas XI SMK Negeri di Makassar yang dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode tes diagnostik dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan perhitungan. Hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan prasyarat siswa tentang operasi bilangan, siswa belum memahami tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan siswa tidak memahami rumus abc untuk menentukan akar-akar persamaan kuadrat, serta siswa kurang teliti menggunakan operasi hitung.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Kesalahan Konsep, Kesalahan Perhitungan, Kesalahan Prinsip, Persamaan Kuadrat

This study aims to describe students’ errors in solving questions of quadratic equation. This research type is descriptive research using qualitative approach. The subject of this research is 3 students of grade XI SMK Negeri in Makassar who were selected based on the number of errors experienced in solving questions of quadratic equation. Data collection techniques used in this study is diagnostic test and interview methods then through three stages of data analysis namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results obtained that the types of errors experienced by students in solving quadratic equation included conceptual error, principle error, and calculation error. This was because the low of students’ prerequisite knowledge about number operations, students didn’t understand about finding the roots of quadratic equation by completing the perfect square, students didn’t understand the abc formula to finding the roots of quadratic equation, and students inaccurate using arithmetic operations.

Keyword: Error Analysis, Concept Error, Calculation Error, Principle Error, Quadratic Equation


Full Text:

PDF

References


Cooney, T. J., Davis, J. E., & Henderson, B. K. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

Lerner, W. J. (1995). Learning Disabilities. Boston: Houghton M. Company.

Lima, R. N. de., & Tall, D. (2010). An Example of the Fragility of a Procedural Approach to Solving Equations. http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/pdfs/dot2010x-lima-quadratics-draft.pdf. diakses pada tanggal 12 Desember 2019.

Manibuy, R., Mardiyana., & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9). 933-945.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false. diakses pada tanggal 6 November 2019.

Munandar, U. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursitorini, M. R. A. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Peluang di Kelas XI Program IPS SMA Negeri 1 Ambarawa. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Muzanni. (2009). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Ambunten Sumenep. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Nuriyah, F. E. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Robert, A. (1988). Error Patterns in Computation. New Jersey: Prentice Hall.

Sriati, A. (1994). Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA (Pengkajian Diagnosa). Jurnal Kependidikan Jogjakarta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

White, A. L. (2005). Active Mathematics In Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes – And Then Doing Something To Help Them. Journal of The Primary Association for Mathematics, University of Western Sydney, Square One, 15(4). 15-19

Zakaria, E. & Maat, S. M. (2010). Analysis of Students’ Error in Learning of Quadratic Equations. International Education Studies, 3(3). 105-110


Article Metrics

Abstract view : 1045 times | PDF view : 447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Grace Lisurara' Sura', Suradi Tahmir, Awi Dassa



 Index by: