Pengaruh Sistem Manajemen Pembelajaran Virtual Berbasis Schoology Terhadap Disposisi Matematis Siswa

Suradi Tahmir(1*), N. Nasrullah(2), Eka Hermia(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed19911

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) virtual, yaitu schoology, terhadap disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quacy experiment), yang melibatkan dua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas pertama yang diberikan perlakuan menggunakan sistem manajemen pembelajaran virtual menggunakan  schoology  dengan model pembelajaran Blended Learning dan di sebut kelas eksperimen, sedangkan kelas kedua diajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung dan disebut kelas kontrol. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI di salah satu SMA negeri di Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah angket disposisi matematis (pre-nontest dan post-nontest) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan sistem manajemen pembelajaran virtual berbasis schoology dengan model pembelajaran blended learning terhadap disposisi matematis lebih baik dari pada model pengajaran langsung.

Kata Kunci: SMP Virtual,Kelas Virtual, Schoology, Disposisi matematis 

 This study aims to show the effect of the use of virtual Learning Management System (LMS), namely schoology, on the mathematical disposition of students in learning mathematics. This research is classified as quasi experiment, which involves two classes given different treatments, the first class is treated using a virtual learning management system using schoology with a Blended Learning learning model and called an experimental class, while the second class is taught using a model direct teaching and is called the control class. The population in this study were all students majoring in class XI in one of the state high schools in Makassar. Sampling in this study using purposive sampling technique. For data collection, the instruments used were a mathematical disposition questionnaire (pre-test and post-test) and an observation sheet of the implementation of learning. The data was analyzed with descriptive statistical techniques and inferential statistics. The results of the study prove that the virtual learning management systems based schoology with blended learning models towards mathematical dispositions is better than direct teaching models.

Keywords: Virtual SMP, Virtual Class, Schoology Mathematical Disposition


Full Text:

PDF

References


Adinda, W. A. (2016). Pengembangan E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi. (Skripsi).Universitas Lampung, Lampung

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). 14-29

Amiroh. (2012). Under E-Learning, Edmodo, Moodle and Schoology. [online]. http://amiroh.web.id. Diakses pada tanggal 21 Maret 2019

Annajmi. (2018). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Brown, A. & Johnson, J. (2003). Five Advantages of Using a Learning Management System. [online]. www.microburstlearning.com. Diakses pada tanggal 30 Januari 2019

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Balitbang.

Carmen, M. & William, B. (2011). Teach Tools For Teachers, By Teachers: Bridging Teachers and Students. Wisconsin English Journal, 53(1).

Choirudin. (2017). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Schoology. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Ellis, R. K. (2009). Field Guide to Learning Management Systems. [online]. http://www.astd.org/NR/rdonlyres/12ECDB99-3B91-403E-9B15-7E597444645D/233 95/LMS_fieldguide_20091.pdf. Diakses pada tanggal 1 Januari 2019

Hasana, N. (2016). Pengembangan E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung

Henderson, J. A. (2003). The E-Learning Question and Answer Book. New York: American Management Association.

Holmes, B., & Gardner, J.R. (2006). E-Learning: Concepts and Practice. London: Sage Publications Ltd

Jaya, A. (2013). Pengaruh Penerapan Blended E-Learning Berbasis Website Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Logis Matematis Siswa Sma. (Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Kesumawati, N. (2010). Asosiasi Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA FKIP UNILA. 11.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 17.

Manning., & Brooks. (2011). A tech tools for teachers, by teachers: Bridging teachers and students. Wisconsin English Journal, 53(1). 24-28.

Mulyana, E.(2009). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi

Matematika Siswa SMA Program IPA. (Disertasi). UPI, Bandung.

Nasrullah. (2015). Pengaruh Model PMK Terhadap Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMA. Jurnal Matematika Kreatif-Inovasi: Kreano, 6 (1). 12-20

Nasrullah., & Baharman. (2017). Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1).

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Ormrod, E. J. (2009). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang Edisi keenam jilid 1. Jakarta: Erlangga

Retnowati, D., & Murtiyasa, B. (2013).

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UMS. 14-23

Sarina, A. (2016). Pengelolaan Learning Management Sysytem (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Di Universitas Hasanuddin. (Skripsi). Universitas Hasanuddin, Makassar

Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(2).

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Pendidikan Matematika. 1-26.

Yuanari, N. (2011). Penerapan Strategi Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 5 Wates Kulonprogo. (Thesis). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 294 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suradi Tahmir, N. Nasrullah, Eka Hermia



 Index by: