Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut Keirsey

A. Awi(1*), Usman Mulbar(2), S. Sahriani(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed19908

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan langkah Polya (memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan menelusuri kembali) ditinjau dari tipe kepribadian menurut Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 orang dari siswa kelas XI SMA dengan satu subjek untuk masing-masing tipe kepribadian. Instrumen penelitian menggunakan instrumen penggolongan tipe kepribadian, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari masing-masing siswa yang bertipe kepribadian Keirsey, dalam memecahkan masalah matematika lebih cenderung pada siswa yang bertipe kepribadian Guardian dan Rational, dapat melakukan setiap tahapan pemecahan masalah Polya. Selanjutnya adalah tipe Idealist dan Artisan yang masih kurang pada tahap pemecahan masalah tertentu dari permasalahan yang diberikan.

Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Matematika Sekolah, Langkah Polya, Kepribadian Keirsey, Soal Non Rutin.

 This study aims to describe the student’s ability to solve mathematical problems with Polya's steps (understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan and looking back,) viewed from personality types according to Keirsey. This research is descriptive-qualitative. The research subjects were 4 students from class XI of Senior High School, with one subject for each personality type. The research instrument uses personality type classification instruments, problem-solving tests, and interview guidelines. The results of the research showed that from each of the students with the type of Keirsey personality, in solve mathematical problems more tend to be on types of Guardian and Rational personalities, can do every step of Polya’s problem-solving. Next, are the Idealist and Artisan types which are still lacking at the steps certain solving the problem of the problems given.

Keywords: Problem Solving, School Mathematics, Polya’s Steps, Keirsey’s Personality, Non-Routine Problems.


Full Text:

PDF

References


Ayadi, F., Chatterjee, A. & Woldie, M. (2006). Matching Testing Strategi with Student Personality in a Historically Black University. Jurnal of College Teaching and Learning, 3(3). h.87-93.

Hamidah, K. & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). h.243-245.

Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung

Kasriana, K. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri ditinjau dari Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar (Tesis). Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II. Temprament Character Intelligence. USA: Prometheus Namesis Book Company

Keirsey, D. (2009). About The Four Temperaments.

http://www.keirsey.com. diakses pada tanggal 20 Januari 2019.

Keirsey, D. & Bates, M. (1978). Please Understand Me. Del Mar, CA: Prometheus Nemesis.

Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New York: Doubleday Anchor Books.

Rahimayanti, T. Y. (2016). Analisis Proses Berfikir dalam Pemecahan Masalah Matematika Polya Siswa Kelas XI SMAN 1 Bangsri Jepara Berdasarkan Tipe Kepribadian (Skripsi). Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang.

Stanick, G. & Kilpatrick, J. (1988). Historical Perspectives on Problem Solving in the Mathematics Curriculum. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.


Article Metrics

Abstract view : 796 times | PDF view : 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Awi, Usman Mulbar, S. Sahriani



 Index by: