Pengaruh Tipe Kepribadian, Berpikir Divergen, Iklim Keluarga, dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA

Hamzah Upu(1*), N. Nasrullah(2), Alim Alqadri Amir(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15328

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara tipe kepribadian, berpikir divergen, iklim keluarga, dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 60 siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung tipe kepribadian terhadap prestasi belajar matematika siswa. Selain itu, terdapat pengaruh langsung masing-masing antara motivasi, iklim keluarga dan berpikir divergen terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sehingga iklim keluarga dan berpikir divergen masing-masing memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui variabel motivasi.
Kata Kunci: Tipe Kepribadian, Berpikir Divergen, Iklim Keluarga, Motivasi, Prestasi Belajar Matematika


This study was ex-post facto research which purposed to know the influence of personality type, divergent thinking, family climate, and motivation toward student’s mathematics learning achievement on grade XI of Senior High School in Sinjai. The population of this study is student grade 11th MIA Senior High School in Sinjai. The sampling technique in this study was cluster random sampling, so the sample is 60 student grade 11th MIA in Senior High School in Sinjai. The data was collected using a questionnaire and test, then analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that there was no direct and indirect influence of personality types on students' mathematics learning achievement. In addition, there is a direct influence of each of the motivation, family climate and divergent thinking on the mathematics learning achievement of students. So that the family climate and divergent thinking each have an indirect effect on mathematics learning achievement through motivational variables.
Keywords: Personality Type, Divergent Thinking, Family Climate, Motivation, Mathematics Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Agustini, B. N. (2016). Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif,5(2). 168-181.

Djalii. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daud, M. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emotional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 3 Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2). 243-255

Dwi, N. M. (2016). Pengaruh konsep diri, Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Mallawa Maros. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Faizah, U. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Divergen Siswa dalam Menyelesaikan Masalah OPEN ENDED. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Haling, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Ismayanti, M. (2015). Pengaruh Faktor-faktor Pembangun Kecemasan Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika melalui Kemampuan Berpikir Divergen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kota Makassar.(Tesis). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Kumala. (2012). Hubungan Antara Tipe Kepribadian dengan Motivasi Mahasiswa Semester VIII Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. (Skripsi). Universitas Udayana, Bali.

Mustakim, A. (2016). Pengaruh Iklim Keluarga, Kebiasan Belajar, Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 BUNGORO . (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial, dan Kemampuan Berpikir Divergen terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3). 171-184.

Nursyam, A., & MS, A. T. (2018). Pengaruh Iklim Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 56-70.

Nursyidah. (2016). Pengaruh Kepribadian, Regulasi Diri, Berpikir Divergen dan Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Nyanyu, K. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo.

Rezeki, R. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Adversitas, Motivasi Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN Di Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Sari, S. W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe kepribadian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1). 33-44.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukenada, I. (2013). Kontribusi Motivasi Berprestasi, Iklim Keluarga, dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Seni Budaya Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tabanan. e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Violita, F. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Payakumbuh. (Skripsi,). Universitas Negeri Padang, Padang.


Article Metrics

Abstract view : 543 times | PDF view : 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hamzah Upu, N. Nasrullah, Alim Alqadri Amir



 Index by: