Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Manajemen Waktu, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Ahmad Thariq Rasyidi(1*), A. Asdar(2), Baso Intang Sappaile(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15326

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler, manajemen waktu, dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa dari VIII SMP yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kegiatan ekstrakurikuler, (2) angket manajemen waktu, (3) angket motivasi belajar, dan (4) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan ekstrakurikuler siswa berada pada kategori tinggi, (2) manajemen waktu siswa berada pada kategori tinggi, (3) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (5) kegiatan ekstrakurikuler dan manajemen waktu berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa (6) kegiatan ekstrakurikuler, dan manajemen waktu belajar tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa, (7) kegiatan ekstrakurikuler tidak berpengaruh positif secara langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa, (8) Manajemen waktu berpengaruh negatif secara langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa (9) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. (10) Kegiatan ekstrakurikuler tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi belajar siswa, (11) manajemen waktu berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: kegiatan ekstrakurikuler, manajemen waktu, motivasi belajar, Prestasi Belajar Matematika siswa. Matematika siswa


This study was conducted to determine the influence of extracurricular activities, time management, and learning motivation towards student’s mathematics learning achievement of grade VIII SMP. This research is ex post facto research which is causality with research sample counted 62 students from class VIII SMP selected by using cluster random sampling. Technique of collecting data using instrument: (1) questionnaire of extracurricular activities, (2) questionnaire of time management, (3) questionnaire of learning motivation, and (4) test result of mathematics learning. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics with path analysis. The result of the research shows that: (1) the student's 'extracurricular activities is in the high category, (2) the student's time management is in the high category, (3) the student's learning motivation is in the high category, (4) student’s mathematics learning achievement in the medium category (5) student’s extracurricular activities, time management and learning motivation have no effect together towards student mathematics learning achievements, (6) student’s extracurricular activities and time management related together to student’s learning motivation, (7) student’s extracurricular activities have no direct positive effect on student’s mathematics learning achievement, (8) student’s time management directly negative effect on student’s mathematics learning achievement, (9) student’s learning motivation directly positive effect student’s mathematics learning achievement, (10) student’s extracurricular activities have no effect indirectly towards mathematics learning achievement through student’s learning motivation, (11) student’s time management indirectly effect towards mathematics learning achievement through student’s learning motivation.
Keywords: Extracurricular Activities, Time Management, Learning Motivation, Student’s Mathematics Learning Achievement.

Full Text:

PDF

References


Anita. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA PGRI Galaesong. Jurnal. Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.

Camelia, L. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Djafri, N. (2008). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal INOVASI. 5(3). 136-150.

Eddy, B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Jurnal. Ikraith-Informatika. 2(2). 20-23.

Ichsan, A. (2004). Strategi sukses di kampus. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014.

Macan, T.H. (1994). Time Management. Test of a process model. Journal of Applied Psychology.

Mujiyono. (2009). Modul Pengembangan Diri Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling SMK. Yogyakarta.

Mukhlisin. (2018). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Edueksos. 7(1). 3-76.

Nurita, J. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. UNION: Jurnal Pendidikaan Matematika. 4(3).

Purwanto. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmiaty. (2010). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Man Pinrang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyani, H. (2013). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Mhammadiyah Surakarta.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Triansyah, O. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu dan Aktifitas Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2015/206. Jurnal. Jurnal Ekonomi Pendidikan. 6(4). 14-21.

Widha, P. (2018). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Manajemen Waktu pada Asisten Mata Kuliah Praktikum. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wuri, R. (2017). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Univetsitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yayan, I. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan. 2(7). 955-962.

Yossy, P. (2017). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.


Article Metrics

Abstract view : 1213 times | PDF view : 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Thariq Rasyidi, A. Asdar, Baso Intang Sappaile



 Index by: