Pengaruh Sikap pada Pelajaran Matematika dan Kebiasaan Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SLTP Berorientasi Islam di Makassar

Ilham Minggi(1*), Muhammad Dinar(2), H. Hasnainah(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15323

Abstract


. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap pada pelajaran matematika dan kebiasaan belajar matematika ditinjau dari gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SLTP berorientasi islam di Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket sikap pada pelajaran matematika, angket kebiasaan belajar matematika, angket gaya belajar, dan tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 80 responden, terdapat 27 siswa dengan gaya belajar visual, 14 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 39 siswa dengan gaya belajar kinestetik,(2) sikap pada pelajaran matematika dan kebiasaan belajar matematika berada pada kategori tinggi untuk kelompok gaya belajar visual dan kinestetik, dan rendah untuk kelompok gaya belajar auditori (3) prestasi belajar berada pada kategori sedang untuk setiap kelompok gaya belajar, (4) sikap pada pelajaran matematika dan kebiasaan belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika untuk setiap kelompok gaya belajar, (5) sikap pada pelajaran matematika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika untuk kelompok gaya belajar visual dan kinestetik, (6) kebiasaan belajar matematika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematik untuk kelompok gaya belajar visual, (7) sikap pada pelajaran matematika berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui variabel kebiasaan belajar matematika untuk kelompok gaya belajar visual.
Kata Kunci: Sikap pada pelajaran matematika, Kebiasaan belajar matematika, Gaya belajar, Prestasi Belajar Matematika siswa.


This research was conducted to determine the effect of attitudes on mathematics and mathematics learning habits in terms of learning style to Mathematics Learning Achievement Grade VIII SLTP Islamic oriented in Makassar. The technique of collecting data using instrument questionnaire of attitudes on mathematics, questionnaire of mathematics learning habits, questionnaire of learning style, and test result of mathematics learning. The result of the research shows that: (1) of 80 respondents, there were 27 students with visual learning style, 14 students with auditory learning style, and 39 students with kinesthetic learning style. (2) attitudes on mathematics and mathematics learning habits are in the high category for visual and kinesthetic learning style, and low category for auditory learning style, (3) mathematics learning achievement in the medium category for each learning style group, (4) attitudes on mathematics and mathematics learning habits jointly influence mathematics learning achievement for each learning style group, (5) attitudes on mathematics directly effect on mathematics learning achievement for visual and kinesthetic learning style group, (6) mathematics learning habits directly effect on mathematics learning achievement for visual learning style group, (7) attitudes on mathematics indirectly effect on mathematics learning achievement through variable mathematics learning habits for visual learning style group.
Keywords: Attitudes on mathematics, Mathematics learning habits, Learning style, Student’s mathematics learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Alimuhajir. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Dan Kebiasaan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Hasil SMP Negeri 1 Lappariaja. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Amri. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA. Jurnal Biotek. 4(1). 52-69.

Anugerah, A. S. (2012). Pengaruh Sikap Kreativitas Belajar Dan Kebiasaan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dan Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Libureng. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Azis, A. F. H. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI Mipa SMA Negeri 8 Makassar. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(3) . 224-235.

Kurniawan, A. C. (2013). Pengaruh Sikap Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Perawatan Kelistrikan Otomotif Program Studi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kelas XI SMK PRI Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mu’arifah, N. (2011). Pengaruh Interaksi Sosial, Tingkah Laku Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Makassar Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2). 122-131.

Soevandi, H. (2016). Pengaruh Modalitas Belajar Dan Strategi Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Wahyuni. (2016). Pengaruh Sikap, KemampuanVerbal,Motivasi Berprestasi, Kemampuan Berfikir Divergen Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas X SMK Negeri 2 Takalar. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Wulan, A. E. (2017). Pengaruh Gaya Belajar, Sikap Terhadap Pelajaran Matematika Dan Jenis Kelamin Bagi Prestasi Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Maria Immaculata Marsudirini

Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 745 times | PDF view : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilham Minggi, Muhammad Dinar, H. Hasnainah



 Index by: