Komparasi Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Metode Mind Mapping dan Metode Guided Note Taking pada Kelas VIII SMP

Ishaq Munajah(1*), Ilham Minggi(2), Ahmad Talib(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15295

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan metode Mind Mapping dan metode Guided Note Taking. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes pemahaman konsep, dan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind Mapping dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking pada kelas VIII.
Kata Kunci: Mind Mapping, Guided Note Taking, Instrumen Tes Pemahaman Konsep, Lembar Observasi, dan Pemahaman Konsep


This study was an experimental study involving two treated groups. This study aims to find out a differences in understanding of mathematical concepts between students taught using the Mind Mapping method and the Guided Note Taking method. The study sample consisted of two classes selected using the cluster random sampling technique . Data collection is done by using observation sheets and concept understanding test instruments. Data collected was analyzed descriptively and inferentially. The results showed that there are significant differences between increasing understanding of mathematical concepts of students taught by Mind Mapping learning methods and students taught using Guided Note Taking learning methods in class VIII.
Keyword: Mind Mapping, Guided Note Taking, Concept Understanding Test Instruments, Observation Sheets and Concept Understanding.

Full Text:

PDF

References


Ambarwatik. (2012). Metode Pembelajaran Guided Note Taking. Tersedia: http://masalah-pendidikan-di-negaraku.blogspot.com/2012/07/metode- pembelajaran-guided-note-taking.html, Diakses tanggal 9 Desember 2018.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Herdin, T.L.I. (2017). 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Heryani, Y., & Rustina, R. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Siliwangi, 4(1). 26-31

Munajah, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Guided Note Taking pada Siswa Kelas VIII6 Smp Negeri 16 Makassar. (Skripsi). Jurusan Matematika UNISMUH, Makassar.'

Nurlina. (2014). Evektivitas Pembelajaran Quantum dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika. (Skripsi). Jurusan Matematika UNM, Makassar.

Silberman, M. L. (1996). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakata: Pustaka Insan madani

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sulistia, R. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. (Skripsi). UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Suprijono, A. (2014). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utami, D. S.( 2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 224 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ishaq Munajah, Ilham Minggi, Ahmad Talib



 Index by: