Deskripsi Tingkat Pemahaman Konsep Perpangkatan Siswa Kelas XI Menggunakan Certainty of Response Index (CRI)

Hamzah Upu(1*), Ahmad Thalib(2), St. Hartina Tahir(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15290

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dekripsi pemahaman konsep siswa yaitu paham konsep dengan baik, paham konsep tetapi kurang yakin, miskonsepsi, dan tidak tahu konsep pada materi perpangkatan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 11 subjek yang mewakili setiap tingkat pemahaman konsep dari siswa kelas XI SMA. Instrumen penelitian terdiri dari tes objektif dan pedoman wawancara. Tingkat pemahaman konsep dikategorikan menggunakan kategori CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa paham konsep dengan baik disebabkan oleh tingginya motivasi belajar dan rasa suka siswa pada pelajaran matematika. (2) Siswa memahami konsep tetapi kurang yakin disebabkan oleh rendahnya rasa percaya diri, rasa takut salah yang tinggi, kurang menguasai konsep matematika, dan tergesa-gesa dalam menjawab soal. (3) Siswa mengalami miskonsepsi disebabkan oleh kurangnya pemahaman bahkan salah paham konsep. (4) Siswa tidak memahami atau tidak tahu konsep disebabkan oleh siswa tidak memiliki pengetahuan dalam mengerjakan soal perpangkatan, kurangnya kemampuan dan wawasan siswa dalam mengerjakan soal, kurang menguasai konsep, tidak memahami soal, dan kurangnya kemampuan siswa dalam mentransformasikan soal.
Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Perpangkatan, Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI)

This study aims to determine the students understanding concept in terms of understanding the concept as well, understanding the concept but not sure, misconception, and not knowing the concept of exponent using Certainty of Response Index (CRI). The type of this study is qualitative study with descriptive approach. The subject of this study is 11 subjects who represent each level of conceptual understanding from class XI of Senior High School. The instruments of this study consist of objective test and interview guidelines. Level of conceptual understanding categorized using CRI category. The result of this study showed that: (1) The students understand with the concept as well because of their high motivation in learning and their love with mathematics. (2) The students understand with the concept but not sure because of their lack in self-confidence, their high false fear, lack in mastering the mathematic concept, and do not careful in answering the questions. (3) The Students experiencing misconceptions that caused by a lack of understanding, and even a misunderstanding towards the concept. (4) The students do not understand/ do not know the concept caused by their haven’t knowledge in answer the question of eksponent, their lack of ability and insight in working on the questions, lack of mastering the concept, not understanding the questions, and the students lack ability in transform the questions.
Keywords: Understanding, Concept, Exponent, Misconception, Certainty of Response Index (CRI).

Full Text:

PDF

References


Agustin, K., & Linguistika, Y. (2012). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X Pada Evaluasi Materi Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bilangan Bulat Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Allen, S., & Kerry, D. (2007). The Effects of Father Involvement: An Updated Research Summary of the Evidence Inventory. Guelph: Father Involvement Research Alliance

Anas, Y. (2009). Managemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Jogja: IRCiSoD.

Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). United States of America: Wm. C. Brown Company Publishers.

Gonen, S, and Kocakaya, S. 2010, A Physics Lesson Designed According to 7E Model with the Help of Instructional Technology (Lesson Plan). Turkish Online Journal of Distance Education, 11(1). 98-113.

Hakim, A., Liliasari, & Kadarohman, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 2012, 4 (3), 544-553.

Hasan, S., D. Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconseptions and the Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ. 34(5), pp. 294 – 299.

Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sadhu, S., dkk. (2017). Analysis of acid-base misconceptions using modified certainty of response index (CRI) and diagnostic interview for different student levels cognitive. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2017, 1(2), 91-100.

Sadirman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sari, I., M. (2009). Usaha Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Mengerjakan Soal Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Interaktif (Skripsi, dipublikasikan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, N., R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.Semarang.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 443 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hamzah Upu, Ahmad Thalib, St. Hartina Tahir



 Index by: