Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa SMA

Suradi Tahmir(1*), N. Nasrullah(2), Sri Nurwana(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15289

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa SMA dalam memahami pokok bahasan persamaan trigonometri. Terdapat 3 subjek penelitian yaitu satu siswa berkemampuan tinggi (KMT), satu siswa berkemampuan sedang (KMS), dan satu siswa berkemampuan rendah (KMR). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen soal tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menuliskan dengan rinci alur penyelesaian masalah, menjelaskan penyelesaiannya dengan tepat dan sistematis serta mampu membuat kesimpulan dengan tepat. Selain itu, siswa mampu memberikan alasan yang logis terhadap langkah-langkah penyelesaian masalahnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya secara detail. Siswa dengan kemampuan matematika sedang masih memiliki kesalahan dan kekeliruan dalam penyelesaian masalah, alasan-alasan yang digunakan dalam penyelesaian terkadang belum tepat dan penulisan kesimpulan belum sesuai dengan perintah soal. Dengan kata lain, siswa masih kurang mampu untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaannya secara detail. Siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung menuliskan penyelesaian masalah secara singkat, belum mampu membuat kesimpulan dari penyelesaian dibuatnya serta belum mampu untuk memberikan penjelasan dari penyelesaian yang dibuatnya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya.
Kata kunci : Komunikasi Matematis, Matematika Sekolah, Trigonometri

This research is a qualitative research with the aim of describing mathematical communication skills in terms of the level of mathematical ability of students in Senior High School to an understanding of trigonometric equations. There were 3 research subjects namely one student that has high-ability (KMT), one student that has medium-ability (KMS), and one student that has low-ability (KMR). The instruments used in data collection are written questions and interviews. This research shows that student with high mathematical abilities is able to write in detail the flow of problem solving, explain the solution correctly and systematically and be able to draw conclusions appropriately. In addition, students are also able to provide logical reasons for the steps to resolve the problem. Show that can be said that students are able to communicate the results of their work in detail. Student with moderate mathematical abilities still has errors and errors in solving problems, the reasons used in the settlement are sometimes still not correct and the writing of conclusions is still not in accordance with the command questions. So that it can be said that student is still unable to communicate the results of their work in detail. Student with low mathematical abilities tends to write down problem solving briefly, has not been able to draw conclusions from the solutions made and also has not been able to provide an explanation of the solutions made. This shows that student has not been able to communicate the results of their work.
Keyword : Mathematical Communication, School Mathematic,Trigonometric

Full Text:

PDF

References


Asikin, M. & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematisc Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1). 203-213

Firman. (2018). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Kelas VIII SMP negeri 3 Majauleng Ditinjau Dari Perbedaan Gender (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Indonesia.

Khaini, F. N. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Mengubah Soal Cerita Menjadi Model Matematika Pada Materi sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia.

Lutfiannisak & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1). 1-8.

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIP MIPA UNHALU, 8(1). 175-182.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics : An Overview (3 ed.). National Council of Teachers of Mathematics

Ningtyas, I. K. (2015). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari dalam Memahami Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Matematika (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia.

Prayitno, S., Suwarsono & Siswono, T. Y. E. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik (p. 564-572). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Surabaya

Ramellan, P., Musdi, E & Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). 77-82.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Wardhana, I. R & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). 173-184.


Article Metrics

Abstract view : 510 times | PDF view : 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suradi Tahmir, N. Nasrullah, Sri Nurwana



 Index by: