Pengaruh Keaktifan Belajar, Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP

Aisyah Hariyani Achmad(1*), Muhammad Dinar(2), B. Bernard(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15287

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara keaktifan belajar, kemandirian dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak tiga kelas dari sembilan kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh (1) Prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi, (2) Keaktifan belajar berada pada kategori tinggi, (3) Kemandirian belajar berada pada kategori tinggi, (4) Kreativitas belajar berada pada kategori rendah. Secara inferensial diperoleh (1) Terdapat pengaruh antara keaktifan belajar, kemandirian belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Terdapat pengaruh signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan kemandirian belajar dan kreativitas belajar kelas, (3) Terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan keaktifan belajar dan kreativitas belajar, (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan keaktifan belajar dan kemandirian belajar.
Kata kunci : Keaktifan Belajar, Kemandirian, Kreativitas, Prestasi Matematika

This study was ex-post facto research, which purposed to know the influences of learning activeness, independence and creativity toward Students’ Mathematics Learning Achievement on grade IX of SMP. Sample of study was chosen randomly three class from nine classes. Data were collected using the questionnaires and test learning achievement. The data were analyzed by Descriptive and Inferential. Descriptive analyze obtain (1) Students’ mathematics learning achievement are at high category, (2) Learning activeness are at high category, (3) Learning independence are at high category, (4) Learning creativity are at low category. Inferentially acquire (1) There is influences of learning activeness, learning independence and learning creativity together towards students’ mathematics learning achievement, (2) There is a positive influence of learning activeness toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning independence and learning creativity, (3) There is a positive influence of learning independence toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning activeness and learning creativity, (4) There was no influence of learning creativity toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning activeness and learning independence.
Keyword : Learning Activeness, Independence, Creativity, Mahtematics Achievement

Full Text:

PDF

References


Abriyani, R. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Achdiyat, M. & Lestari, K.D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Formatif, 6 (1). 50-61.

Amalia, N. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1 (1). 31-45.

Azis, A.F.H. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Kepercayaan Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Makassar. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Budianto, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK PIRI Sleman. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Defika, S. (2015). Pengaruh Kedisiplinan dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015 (Skripsi, tidak dipublikasikan). Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Tulungagung.

Firdawati, I. & Hidayat, W. (2018). Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Visipena, 9 (1). 151-158.

Haryanti. (2012). Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 1 Selogiri Tahun 2011/2012. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Istiqomah, M.N. (2017). Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Jabar, A. & Budiarti, I. (2016). Pengaruh Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). 85-90.

Kurniawati, C. (2017). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan pada Topik Bahasan Operasi Aljabar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw II Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Martinis , Y. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutmainna. (2011). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs.N 410 Tanete Kab. Bulukumba. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1). 73-84.

Prasetya, D. (2012). Hubungan Keaktifan dan Kedisiplinan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Prayuda, R. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktidan dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Materi Turunan Fungsi pada Siswa Kelas XI IS 2 SMAN 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5 (2). 63-67.

Rahmayati, N.A. (2017) Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Papar Tahun 2016/2017. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5 (1). 77-85.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1 (1). 29-39.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Kaya.

Zimmerman, B.J., Bonner, S. & Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners Beyond Achievement to Self-Efficacy. Washington, DC: American Psychological Association.


Article Metrics

Abstract view : 1210 times | PDF view : 460 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aisyah Hariyani Achmad, Muhammad Dinar, B. Bernard



 Index by: