Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual

Tri Saum Ramdani Ahmad(1*), Hamzah Upu(2), Nurdin Arsyad(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15285

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal kepada siswa yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 4 subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah, tes tertulis kemampuan komunikasi matematis pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi tertulis subjek penelitian baik pada indikator kemampuan dalam menuliskan informasi yang terdapat dalam soal dan menentukan tujuan utama yang akan dicapai. Akan tetapi subjek penelitian lemah dalam kemampuan meuliskan operasi matematika sesuai dengan maksud soal, menggunakan gambar ataupun notasi ilmiah dalam menyelesaikan masalah, menyajikan representasi menyeluruh terhadap konsep yang digunakan serta menuliskan kesimpulan jawaban kedalam bahasa sehari-hari. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang kemampuan komunikasi matematis siswa SMA baik secara lisan ataupun tulisan pada materi khususnya dalam mengerjakan soal kontekstual sehingga dalam proses pembelajaran siswa mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa matematika.
Kata Kunci: Komunikasi matematis, masalah kontekstual

This study aims to determine the description of the mathematical communication ability of students in solving a contextual problem . This type of research is descriptive research using a qualitative approach. The subject of this research are students of class XII. Retrieval of the subject is performed by providing a test of the initial ability on to students then from the results of the test selected 4 subjects based on existing categories. The instrument used are written mathematical communication ability test and interview guidelines. The results showed the ability of written communication of research subject are writing information contained in the questions and define the main objectives to be achieved. But the subject are weak in the ability meuliskan mathematical operations in accordance with the purpose of questions, use of pictures or scientific notation in solving a problem, presenting a representation of the entire to the concept that is used and write a conclusion answer into daily language. The results of this study are expected to add insight about the mathematical communication ability, especially in working on contextual so that in the process of learning students are able to improve the ability to communicate in the language of mathematics.
Keywords: Mathematical communication, contextual problems

Full Text:

PDF

References


Agus, C. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta : PT. Diva Press.

Ansari, B. I . (2012). Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena

Baroody. A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Comunicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York : Machmillan Publishing Company.

Depka, E. 2007. Disigning Assesment for Mathematics (2nd ed.). California: Corwin Press

Johson, B.R. and Alibaba, M.W. (2007). Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics: Does one Lead to Other?. Journal of Educational Psychology, 91(1).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia:NCTM, Inc.

Romberg, T.A., and Chair. (1993). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. NCTM: Reston, Virginia.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: konstatasi keadaan massa kini menuju massa depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiarto. (2009). Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung : Remaja Rosdakaraya.

Van De Walle, Jhon.(2008). Elemementary and Midle Math School. United States of America: Pearson.

Wardhani, dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TMSS. Yogyakarta PPPPTK. [Online]


Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tri Saum Ramdani Ahmad, Hamzah Upu, Nurdin Arsyad



 Index by: