Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Matematika Realistik

Muhammad Darwis(1*), A. Awi(2), Muhaimin Akhwan Akib(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed12420

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP negeri di Sengkang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII di salah satu SMP Negeri di Sengkang dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95%, (2) rata-rata hasil pretest yaitu 24,32 dan rata-rata posttest yaitu 83,92, (3) ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 86%, (4) rata-rata gain ternormalisasi sebesar  0,78 (kategori tinggi), (5) persentase aktivitas siswa sebesar 92%, (6) persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 86%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TAI dengan pendekatan matematika realistik efektif digunakan pada siswa Kelas VII SMP Negeri di Sengkang

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization, pendekatan matematika realistik.

 

This research aims to determine the effectiveness of the cooperative learning model type team assisted individualization (TAI)  with realistic mathematic approach at Grade VII SMP Negeri in Sengkang. The population of this research were all students of Grade VII in one of SMP Negeri in Sengkang and one class selected randomly as the research sample. Data collection was performed by using the observation sheets of learning accomplishment, learning achievement test, observation sheet of students’ activity and questionnaire of students’ responses. Descriptive statistical analysis of the results showed: (1) Percentage of learning accomplishment approach is 95% ( well done), (2) the average of  pretest is 24,32 and the average of posttest is 83,92, (3) classical completeness is reached 86%, (4) the average normalized gain is 0,78 who are at high category, (5) Percentage of students’ activity is 92%, (6) the average percentage of students who gave positive response to the implementation of learning is 89%. Inferential analysis results showed: (1) the average percentage of students who is taught approach greater than 75, (2) the average value of normalized gain greater than 0,3. From these results it can be concluded that learning with cooperative learning model type TAI with realistic mathematic approach effective used in students at Grade VII SMP Negeri in Sengkang

Keywords: Effectiveness, Cooperative Learning Model type Team Assisted Individualization, Realistic Mathematic Approach.

 


Full Text:

PDF

References


Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, vol. 6, no. 2.

A’yun, S.Q. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2017. (Skripsi, tidak dipublikasikan) IAIN Tulungagung, Tulungagung

Budianti (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sains pada Siswa Kelas IV SDN 3 Labuan Panimba. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 4, No. 8.

Bunga, N. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, vol. 1, no.1

Dhoruri, A. (2011). Developing Mathematics-Students Worksheet Based on Realistic Approach for Junior High School in Bilingual Program. Prosiding, International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. (Skripsi, tidak diterbitkan). UNY, Yogyakarta

Karim. (2016). Peneerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Mathematis Siswa SMA. Jurnal Pend. Matematika, vol. 4, no. 1.

Idris, I & Silalahi, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII SMP UTY. Jurnal EduMatSains, vol.1, no. 1.

Isa, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), vol.1, no.2.

Isjoni. (2010). Cooperatif Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Joyce, L. K (2007). Pedoman Pemeriksaan Laboratorium dan Diagnostik. Jakarta: EGC

Megantara, M. (2017). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi, tidak diterbitkan). Universitas Lampung, Lampung

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia Padang. Jurnal Didaktik Matematika, vol. 4, no. 1.

Nugroho, Riyadi & Yulianati. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Geometri. Jurnal, vol. 2, no. 6.

Nur’aini, Irawati & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, vol. 1, no. 1.

Pajri, A. (2016). Efektivitas Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bulukumba Kec. Kajang Kab. Bulukumba. (Skripsi, tidak diterbitkan) UIN Alauddin, Makassar

Rahmawati, D. (2010). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD Negeri di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi, tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Ramlan, M.(2013). Meningkatan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), vol. 1, no. 1.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Sagala, S (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media

Suhaimi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 004 Binjai. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, vol. 6, no. 1.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiman. (2009). Pandangan Matematika Sebagai aktivitas Insani beserta Dampak Pembelajarannya. Prosiding of SemNas Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, P-26

Tiro, M. A. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Edisi revisi. Makassar: andira publisher

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Waltiyah, E. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Learning Start with Question terhadap Peran Aktif dan Hasil Belajar Matematika Siswa. (Skripsi, tidak diterbitkan). UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Widyantini, T. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika

Widyastuti, N.S. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, vol. 2, no.2.


Article Metrics

Abstract view : 367 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Darwis, A. Awi, Muhaimin Akhwan Akib



 Index by: