Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa

S. Syarifatunnisa(1*), S. Suradi(2), A. Awi(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed10734

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa. Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa kelas X MIA. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas perlakuan pertama yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dan X MIA 2 sebagai kelas perlakuan kedua yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif, kecerdasan interpersonal siswa, dan hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket kecerdasan interpersonal siswa, dan post test hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial melalui uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA diperoleh bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa.

Kata Kunci:  Model Pembelajaran kooperatif TGT, NHT, Kecerdasan Interpersonal.

Abstract. This research was quasi-experimental which aims to know the difference between students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model TGT type and students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model NHT type viewed from students’ interpersonal intelligence. The population in this research was Ten-grade students. The sample consisted of two classes, namely class X MIA 1 as first treatment class taught by using TGT learning model and class X MIA 2 as second treatment class taught by using direct NHT learning model selected by cluster random sampling technique. The variables in this research were cooperative learning model, students’ interpersonal intelligence, and mathematics learning outcomes. The research instruments used were observation sheets, questionnaires about students’ interpersonal intelligence, and mathematics learning outcomes tests. The data obtained were analyzed by using descriptive analysis and inferential analysis through Two Way ANOVA. Based on the result of the Two Way ANOVA, it was found that there is no difference between students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model TGT type and students' mathematics learning outcomes who are taught by using cooperative learning model NHT type viewed from students’ interpersonal intelligence.

Keywords: Cooperative Learning Model TGT, NHT, Interpersonal Intelligence.


Full Text:

PDF

References


Agustina, D.R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo. e-Journal Mahasiswa Prodi Matematika, 2(2). 1-6.

Arends, L. R. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arnold, J. & Fronseca, C. (2004). Multiple Intelligence Theory and Foreign Language Learning: A Brain-based Perspective. International Journal Of English Studies, 4(1). 119-136.

Arsyad, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Damon, W., & Phelps, E. (1989). Critical Distinctions Among Three Approaches In Peer Interaction, Problem-Solving, and Cognition: Multidisciplinary Perspectives, edited by N. M. Webb. New York: Pergamon Press.

Hasrin. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Saintifik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2), 127-140

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (1986). Circles Of Learning: Cooperation In The Classroom. Edina, MN: Interaction Book Company.

Mu’min, S. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas V Miasy-Syaf’iyah Kendari.

Jurnal Al-Ta’dib. 10(2), 55-72

Muna, N.L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (Skripsi).

Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.

Nasruddin, & Abidin. Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa SMP. Journal Of Educational Science and Technology. 3(2). 113-121.

Poembonan. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penarikan Kesimpulan Logika Matematika Di Kelas X SMA GDIP Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1). 98-108.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulm 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. (2008). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sulistyowati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Di SMPN 2 Sumbergempol Tahun ajaran 2016/2017.

(Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.

Susanti, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heas Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 2 Palembang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zakaria, E. & Iksan, Z. (2006). Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(1). 35-39.


Article Metrics

Abstract view : 572 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 S. Syarifatunnisa, S. Suradi, A. Awi



 Index by: