KOREOGRAFI: RANCANGAN AWAL MODUL AJAR DENGAN MODEL BORG AND GALL

Rahma M(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v8i1.59537

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang materi ajar mata kuliah koreografi dengan pendekatan personal Front untuk memudahkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah koreografi pada prodi Seni Tari FSD UNM. Perancangan buku ajar ini menggunakan metode perancangan Borg and Gall. Metode Borg and Gall (1989) diawali analisis kebutuhan agar mampu menghasilkan produk yang bersifat hipotetik sebagai metode penelitian dasar (basic research). Kemudian untuk menguji produk yang masih bersifat hipotetik tersebut, digunakan eksperimen atau action research. Setelah produk teruji melalui validasi ahli, maka dapat diaplikasikan dengan skala kecil kemudian skala besar. Proses pengujian produk dengan eksperimen tersebut dinamakan penelitian terapan (applied research), walaupun penelitian tahap awal ini terbatas pada analysis situasi/kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran kurang efektif karena belum tersedianya buku atau materi ajar yang terkait dengan koreografi khususnya untuk pembelajaran koreografi lingkungan, 2) Ketika mahasiswa belajar secara mandiri, maka materi dan konsep garapan tari yang mereka hasilkan akan berbeda-beda. Untuk itu maka dipandang penting untuk merancang materi ajar yang dikemas dalam bentuk Modul ajar dan khusus dibuat untuk pembelajaran koreografi. Perancangan Modul ajar ini penting untuk membantu proses mengajar karena memuat bahan ajar sesuai kurikulum, selain itu dapat pula membantu komunikasi antara pengajar dan peserta didik, 3) Mahasiswa prodi seni tari adalah mahasiswa yang berada di dalam prodi non kependidikan atau yang lebih familiar disebut prodi dengan keilmuan tari murni, yang tentu saja luarannya dipersiapakan untuk menjadi koreografer dan peneliti, namun saat ini juga terbuka peluang sebagai pendidik. Untuk itu materi yang diberikan adalah materi-materi ajar yang dapat membantu mahasiswa kepencapaian tersebut.

 


Keywords


Perancangan; Modul ajar; koreografi

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Babbie, E. 2016. The Basics of Social Research. Cengage Learning. Cidera (PPC) ‘Loi Ncara Ro Mpako’ Menggunakan Hellion’s Model Terhadap Berfikir Kreatif Mahasiswa.” Journal Inara 3(1).

Dimyati, and Mujiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauqi, A. (2022). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penanganan Dan Perawatan

Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hadi, Sumadiyo Y. (2007). Kajian Tari Teks Dan Konteks, Yogyakarta: Pustaka book publisher

Hadi, Sumadiyo Y. (2011). Koreografi Bentuk-Teknik-Isi, Yogyakarta; Multi Grafindo

Langer, K. S. (2006) Problem of Art, terj. F.X Widaryanto dengan judul Problematika seni, Bandung: Sunan Ambu Press

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman. n.d. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Penadamedia Group.

Siswanto, J., and Susanti E, Jatmiko B. (2016). Keperaktisan Model Pembelajaran

Widaryanto, F.X, 2005, Kritik Tari, Gaya, Struktur, dan Makna: Bandung: Kelir

Wahyudi, A. 2011. Peneletian Pendidikan

Nurdiansyah, B. Menulis Buku Ajar, http://www.duniadosen.com

Rahman, izul, Teori Perancangan, https://www.academia.edu

Bohari, S. (2016). Model Penelitian Pengembangan Borg&Gall, adipwahyudiblogspot. Com


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by