SEMIOTIKA SAMPUL MAJALAH TEMPO EDISI FESTIVAL FILM TEMPO TAHUN 2017
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v8i1.56822
Abstract
Penelitian ini membahas perspektif semiotika dari Saussure pada sampul majalah Tempo yang memiliki karakteristik dan sering mengundang kontroversi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda kreativitas yang ingin disampaikan majalah Tempo kepada masyarakat. Paradigma dari penelitian ini menggunakan perspektif dari Ferdinand de Saussure yang menyatakan bahwa semiotika atau tanda terdiri dari bunyi-bunyi dan gambar disebut signifier, serta konsep dari bunyi-bunyi dan gambar disebut signified. Sampul majalah Tempo edisi Festival Film ini dibahas menjadi 3 bagian yaitu background, center, dan foreground, kemudian masing-masing objek dianalisa signifier dan signified-nya. Sampul dari majalah Tempo memilki tanda-tanda semiotika yang secara garis besar menggambarkan isi dari artikel-artikel yang ada pada majalah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, K. (2003). Semiotika Visual. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik dan Yayasan Seni Cemeti
Eco, U. (2009). Teori Semiotika. Bantul: Kreasi Wacana
Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gardner, B. and Catherine M. F. (2006). Logo Lounge 2: 2,000 International Identities by Leading Designers. USA: Rockport Publisher
Piliang, Y. A. (2003). Hipersimeotika. Bandung: Jalasutra
Rustan, S. (2011). Font dan Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rustan, S. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rustan, S. (2014). Layout, Dasar, dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sahid, N. (2004). Semiotika Teater. Yogyakarta: Institut Seni Yogyakarta
Sulasmi, D. W. A. (2002). Warna. Bandung: ITB
Vera, N. (2002). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Van, Z. A. (1992). Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wibowo, I. S. W. (2010). Mengungkap Makna Kematian Soeharto pada Cover Tempo. Dalam eJournal UMN Vol. 2 (2). 8 halaman. Tersedia: ejournals.umn.ac.id
Widyokusumo, L. (2012). Desain Sampul Majalah Sebagai Ujung Tombak Pemasaran. Dalam Jurnal Humaniora Vol. 3 (2). 12 halaman. Tersedia: research-dashboard.binus.ac.id
“Pengertian Poster Serta
Tujuannya” https://posterina.blogspot.com/2014/04/pengertian-poster-serta-tujuannya.html Diakses pada 14 April 2014
“Pengertian Majalah” http://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-majalah.html Diakses pada 2016
“Inilah Daftar Nominasi
Festival Film Tempo 2017”
https://seleb.tempo.co/read/1034400/inilah-daftar-nominasi-festival-film-tempo-2017 Diakses pada 16 April 2017
“ED 4449 04–10 Desember 2017” https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/tempo/ed-4449-04-10-dec-2017 Diakses pada 3 Desember 2017
“Mengenal Jenis-Jenis Font dan Mengkombinasikannya Pada Landing Page” https://posterina.blogspot.com/2014/04/pengertian-poster-serta-tujuannya.html Diakses pada 14 April 2014
“Ciri-ciri dan Karakteristik Majalah” https://www.bitebrands.co/2015/04/ciri-ciri-dan-karakteristik-majalah.html Diakses pada 2018
Article Metrics
Abstract view : 4 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL IMAJINASI
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by