PEMBUATAN DESAIN MOTIF BATIK ALUNA DENGAN PHOTOSHOP

Prasetya Risky Ajipinilih(1), Endri Sintiana Murni(2*),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v8i1.46523

Abstract


Pembuatan desain motif batik melalui photoshop memang sudah banyak digunakan untuk batik printing maupun batik cap. Yang membedakan pembuatan desain motif batik photohop dan manual tangan terletak pada pembuatan sketsa awal motif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan desain motif batik menggunakan software photoshop tanpa menghilangkan unsur dan prinsip desain seperti keseimbangan, kesatuan, komposisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. proses pembuatannya memperoleh informasi dari Bapak Dwi sebagai pemilik Aluna, dan desainer yakni Bapak Heru dan bapak jalidin. Adapun data yang dihasilkan adalah proses pembuatan desain motif Aluna memiliki 2 proses, yang pertama melalui desain manual kemudian desain digital. Proses pembuatan secara singkat yaitu membuat sketsa awal dengan manual menggunakan pensil, kemudian sketsa di scan menjadi bentuk file gambar, lalu masuk ke proses digital digambar kembali menggunakan pen tablet melalui software Adobe Photoshop. Kegunaan software photoshop sangat banyak bisa untuk pewarnaan digital, pecah warna, sanggitan dan juga isian pada motif. Proses pembuatan desain motif digital tidak luput dari prinsip-prinsip desain yang meliputi komposisi, pewarnaan dan kesatuan.


Keywords


Desain; Batik; Photoshop

Full Text:

PDF

References


Affanti, T. N. (2017). Batik Girli. Surakarta: Universitas Sebelas Maret UNS Press.

Chairullah, A. (2018). Pelaksanaan pembelajaran batik tulis di SMK Negeri 8 Padang. E- Jurnal Seni Rupa FBS Universitas , 1-11.

dkk, E. T. (2021). Ikan Mujair dan Enceng Gondok Motif Batik Desa Senggreng dengan Aplikasi Coreldraw. Jurnal Karinov, 4, 88-93.

Ernifiaty, E. (2012). Perkembangan Museum Situs Sangiran dan Pengaruhnya Terhadap Ilmu Pengetahuan Tahun 1974-2004. Journal of Indonesian History, 118-124.

Evening, M. d. (2000). The Ultimate Workshop. uk: Taylorand Francis .

Hendratman, H. (2009). The Magic of Photoshop Bandung. Bandung: Informatika Bandung.

Liana Alfin Lilin, S. (2020). Pengembangan Desain Batik Kliwonan Dengan Sumber Ide Kembang Kantil. texture, art & culture journal, 3, 19-25.

Lisbijanto, H. (2013). Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maulani., P. M. (2019). Studi Tentang Pembuatan Desain Motif Batiklontara.Com. Jurnal Imajinasi, 3, 36-46.

Mulyanto., L. H. (2020). Gajah Purba Sebagai Ide Pengembangan Motif Batik Sragen. Dkb Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 37, 1-13.

Murni, E. S. (2022). Gablok Sebagai Ide Pengembangan Desain Motif Batik. DKB, 147-158.

Okki Mauludin Syah, M. H. (2018). Komparasi Coreldraw dan Photoshop Pembuatan Pola Batik Tulis Di Trenggalek. Jurnal Teknik Informatika, 4, 1239-1243.

Okta., P. (2020). Pemanfaatan Software Aplikasi Desain Grafis Coreldraw Sebagai Media Pembelajaran Pembuatan Motif Dasar Batik Berbasis Digital Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 1-9.

Pabundu Tika, M. (1997). Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana Elemen Elemen Seni Dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by