ANALISIS PENGGUNAAN WARNA PADA TRAILER FILM JOHN WICK CHAPTER-4 DENGAN SEMIOTIKA PEIRCE

Bagas Wijayanto(1*), Abi Senoprabowo(2),

(1) Dian Nuswantoro University
(2) Dian Nuswantoro University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i1.45307

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah pemilihan warna dalam trailer film John Wick Chapter 4 sudah efektif, selaras dengan tema, genre, dan story film. Dipilihnya Trailer Film John Wick Chapter 4 untuk topik penelitian dikarenakan dalam tiga minggu setelah diunggah pada laman youtube, telah ditonton lebih dari 23 juta kali dan mendapatkan 269 ribu like, serta lebih dari 14 ribu komentar , hal itu membuktikan bahwa trailer tersebut dapat menarik banyak antusias penonton. Trailer FIlm merupakan sebuah representasi singkat dari film yang akan ditayangkan, digunakan untuk membangkitkan minat dan emosi penonton supaya ingin menonton keseluruhan film itu. Salah satu hal pada trailer film yang dapat menarik perhatian penonton trailer film adalah adanya teknik editing yang kreatif, dengan menampilkan adegan yang dirasa penting untuk memperkuat pesan tersirat yang ada didalam trailer, salah satunya dengan menggunakan warna. Warna berperan sangat besar sebagai pembeda identitas, mempengaruhi mood, dan menyampaikan pesan. Untuk mengetahui dari makna warna yang tersirat, penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika milik Peirce dan psikologi warna milik John Gage. Didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan warna pada trailer film John Wick Chapter 4 sudah efektif, karena dapat selaras dengan inti cerita, tema, dan genre film itu sendiri.


Keywords


John Wick;Semiotika;Trailer Film; Warna

Full Text:

PDF

References


Alnasuan, A. (2016). Color psychology. American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 1-6.

Block, B. (2013). The visual story: Creating the visual structure of film, TV, and digital media. CRC Press.

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (1993). Film art: An introduction (Vol. 7, p. 437). New York: McGraw-Hill.

Field, S. (2005). Screenplay: The foundations of screenwriting. Delta.

Gage, J. (1999). Color and culture: Practice and meaning from antiquity to abstraction. Univ of California Press.

Ginting, L. S. D. B., & Pulungan, R. (2019). SEMIOTIKA (MAKNA WARNA DALAM UIS KARO). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 98-101.

Ginting, J., Nasution, I., & Zein, T. (2022). Semiotics in Avengers’ Movie: Infinity War and End Game Trailer. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 3518-3534.

Hoed, B. H. (2011). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya, cetakan pertama. Beji Timur, Depok.

Kernan, L. (2004). Coming attractions: Reading American movie trailers. The University of Texas Press.

Kriyantono, R. (2006). Kriyantono, Rachmat. 2006 Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Pranada Media Group. Teknik Praktis Riset Komunikasi by Rachmat Kriyantono, 154.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual.

Lee, V. (2011). 10 Principles of Good Interior Design. Vivays Pub.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories of human communication. Waveland press.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising edisi kedelapan. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, D. R. (2021). Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Sartika, A. (2020). Representasi Santri dalam Trailer Film The Santri. Jurnal khabar: Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(2), 129-149.

Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: elemen-elemen seni dan desain. Jalasutra.

Sulasmi, D. (2002). Warna: Teori dan kreativitas penggunaannya. Bandung: ITB.

Suyanto, M. (2013). The Oscar Winners and Box Office The Scret of Screenplay. Penerbit Andi, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by