PERANCANGAN KEMASAN SARUNG TENUN SUTERA TRADISIONAL ETNIS MANDAR “MALOLO”

Agung Rusmana Putra(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i1.13762

Abstract


Perancangan bermula dari persoalan yang terdapat pada Sarung Tenun Sutera Tradisional Etnis Mandar, dimana masih terdapat produk sarung yang belum dikemas secara tepat. Perancangan ini bertujuan, membuat media kemasan beserta dengan media penunjang dari produk utama perancangan, yang mampu mendukung keberadaan produk untuk menghadapi kompetisi pasar. Data yang dikumpulkan dalam perancangan ini diperoleh melalui metode kajian pustaka mengenai, perancangan, desain kemasan, sarung sutera Mandar, dan teori pemasaran. Adapun metode lainnya yang dilakukan seperti, observasi secara langsung terhadap produk juga pada proses produksi kemasan dari para praktis. Selain hal tersebut juga dilakukan dalam perancangan ini adalah, menentukan konsep perancangan yang sesuai dengan masalah objek perancangan, tema visual pada rancangan kemasan dengan tema visual objek ikonik etnis Mandar dan alur kerja dalam perancangan kemasan, hingga pada akhir aktivitas perancangan. Manfaat dari perancangan yang diakukan, mendukung eksistensi produk untuk tetap dapat menghadapi era global, terlebih pemanfaatan bagi para penenun sarung sutera Mandar. Hasil perancangan terdiri atas, (1) Kemasan Primer, (2) Kemasan Sekunder, dan (3) Media penunjang produk. Pada rancangan kemasan diutamakan pada fungsi praktis kemasan dan penyajian visual kemasan, yang diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap produk yang dikemasnya, baik dalam hal penjualan, disitribusi dan referensi kemasan bagi yang membutuhkan.


Keywords


Kata Kunci : Kemasan; Sarung; Tenun; Sutera; Mandar

Full Text:

PDF

References


Idham. (2009). Lipa' Sa'be Mandar "Tenunan Sutea Mandar - Sulawesi Barat" (1.ed.). (U. Rahman, Penyunt.) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Zada Haniva.

Kardinata, H. (2015). Desain grafis Indonesia dalam pusaran desain grafis dunia. DGI Press.

Krasovec, S. A., & Klimchuk, M. R. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan (Bob Sabran. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Lestari, D. A. S. (2013). Redesain Kemasan Produk Makanan Ringan “Aneka Gorengan Super 2R.” Universitas Negeri Semarang.

Safanayong, Y. (2006). Desain komunikasi visual terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 340 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by