ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BEBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
(1) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961
Abstract
Guru dalam menyampaikan materi memerlukan alat bantu perantara agar proses penyampaian materi lebih mudah dan tepat sasaran. Adapun cara tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran yaitu media berbasis komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis komputer, kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Nusaharapan Permai, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media berbasis komputer. Guru sudah terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi dan mengembangkan materi menjadi produk media berbasis komputer yang menarik, dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran. Tidak ada hambatan yang berarti bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis komputer. Upaya yang dilakukan guru yaitu dengan pengembangan diri melalui pelatihan dan pemanfaatan sarana dan prasarana teknogi yang sudah disediakan oleh sekolah.
Keywords
References
Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona, (17). (Online), (h ttp://w w w. r ac o.ca t/inde x.php/iem/article/viewFile/205357/273895), diakses 8Maret 2017
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: Prentice-Hall
Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: Prentice-Hall
Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Mishra, S. & Ramesh, C. Sharma. 2005. Interactive Multimedia in Education and Training. United States of America: Idea Group Publishing (an imprint of Idea Group Inc.
Dikutip dari http://bumipanritakitta. b l o g s p o t. c o. i d / 2 0 1 3 / 0 6 / pemanfaatanteknologi-dalam-pendidikan. Html yang diakses pada tanggal 13 september 2015.
Dikutip dari http://rachmatfatahillah. b l o g s p o t. c o. i d / 2 0 1 4 / 0 4 / pengembanganpem-belajar an-pai- berbasis.html yang diakses pada tanggal 13 september 2015.
Dikutip dari http://stitattaqwa. b l o g s p o t. c o m / 2 0 1 1 / 0 7 / pemanfaa tankomput erun tuk - pembelajaran. html. Yang diakses pada tanggal 22 Oktober 2015.
Dikutip dari http://www.dosenpendidikan. c om/15- dampak -nega tif- dan-positif t ek nolog i-inf or masi- dalam-bidang- pendidikan/ yang diakses pada tanggal 13 September 2015.
Article Metrics
Abstract view : 1251 times | PDF view : 11 times PDF view : 5 times PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL IMAJINASI
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by