ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BEBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Adlin Adlin(1*),

(1) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961

Abstract


Guru dalam menyampaikan materi memerlukan alat bantu perantara agar proses penyampaian materi   lebih mudah dan tepat sasaran. Adapun cara tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran yaitu media berbasis komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis komputer, kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan media tersebut.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Nusaharapan Permai, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan     observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media berbasis komputer. Guru sudah terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi dan mengembangkan materi menjadi produk media berbasis komputer yang menarik, dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran. Tidak ada hambatan yang berarti bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis komputer. Upaya yang dilakukan guru yaitu dengan pengembangan diri melalui pelatihan dan pemanfaatan sarana dan prasarana teknogi yang sudah disediakan oleh sekolah.


Keywords


Media; Berbasis Komputer; Pembelajaran; Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona, (17). (Online), (h ttp://w w w. r ac o.ca t/inde x.php/iem/article/viewFile/205357/273895), diakses 8Maret 2017

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: Prentice-Hall

Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: Prentice-Hall

Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mishra, S. & Ramesh, C. Sharma. 2005. Interactive Multimedia in Education and Training. United States of America: Idea Group Publishing (an imprint of Idea Group Inc.

Dikutip dari http://bumipanritakitta. b l o g s p o t. c o. i d / 2 0 1 3 / 0 6 / pemanfaatanteknologi-dalam-pendidikan. Html yang diakses pada tanggal 13 september 2015.

Dikutip dari http://rachmatfatahillah. b l o g s p o t. c o. i d / 2 0 1 4 / 0 4 / pengembanganpem-belajar an-pai- berbasis.html yang diakses pada tanggal 13 september 2015.

Dikutip dari http://stitattaqwa. b l o g s p o t. c o m / 2 0 1 1 / 0 7 / pemanfaa tankomput erun tuk - pembelajaran. html. Yang diakses pada tanggal 22 Oktober 2015.

Dikutip dari http://www.dosenpendidikan. c om/15- dampak -nega tif- dan-positif t ek nolog i-inf or masi- dalam-bidang- pendidikan/ yang diakses pada tanggal 13 September 2015.


Article Metrics

Abstract view : 1251 times | PDF view : 11 times PDF view : 5 times PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by