Bimbingan dan Konseling Untuk Generasi Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Nur Madani Fitri(1*), Aswar Aswar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i1.63249

Abstract


Era revolusi industri 4.0 menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan teknologi dan otomatisasi mesin. Inilah yang sekarang dihadapi oleh generasi z, dimana mereka dikenal sebagai penduduk asli digital yang sudah terbiasa dengan teknologi. Oleh karena itu, proses pendidikan termasuk pemberian layanan BK juga harus disesuaikan dengan karakterstik generasi z yang tidak dapat lepas dari teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam pemberian layanan kepada generasi z di era ini maka metode layanan BK yang dapat digunakan yaitu metode konseling online atau cybercounseling.


Keywords


Bimbingan dan Konseling, Generasi Z, Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JCTES: Science for Society, 1(1), 43–48.

Gulo, R. P. (2023). Peran Generasi Z dalam Mengekspansi Misiologi di Era Society 5.0. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 120–125. https://doi.org/10.56854/pak.v1i1.210

Hidayah, N. (2020). Aplikasi Cybercounseling Kognitif Perilaku Bagi Guru BK di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 13–30. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/13

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi, 8(2), 122–130.

Mufidah, E. F., & Atikah, J. F. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020, 1(1), 490–486.

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216

O’ Connor, P., Becker, K., & Fewster, K. (2018). Tolerance of ambiguity at work predicts leadership, job performance, and creativity. Creating Uncertainty Conference: Benefits for Individuals, Teams, and Organizations, July, 1–5. https://eprints.qut.edu.au/120614/1/Tolerance of Ambiguity_2018.pdf

Pambudi, R., Budiman, A., Rahayu, A. W., Sukanto, A. N. R., & Hendrayani, Y. (2023). Dampak Etika Siber Jejaring Sosial Pada Pembentukan Karakter Pada Generasi Z. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3).

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada generasi Z di media. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20(2), 70–80.

Rahmad, M., Husen, M., & Fajriani. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 88–98.

Reza, F., & Tinggogoy, F. L. (2022). Konflik Generasi Z Di Bidang Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan dan Solusinya. PARADIGMA : Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 142–155.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 369–377.

Seemiller, C., & Grace, M. (2017). Generation Z: Educating and Engaging the Next Generation of Students. About Campus: Enriching the Student Learning Experience, 22(3), 21–26. https://doi.org/10.1002/abc.21293

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffaray.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar