Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Kebiasaan Menyontek Siswa

Ana Sasi Mahta Said(1*),

(1) SMP Negeri 5 Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i1.60808

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena perilaku menyontek yang sulit untuk dihilangkan di dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kebiasaan menyontek siswa di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design, dan untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis statistik serta uji non parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh ialah perilaku menyontek siswa di Sekolah mengalami penurunan sesudah diberikan perlakukan berupa bimbingan kelompok dengan teknik self management.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Self Management, Perilaku Menyontek

Full Text:

PDF

References


Aji, T.D.R.R.P. 2019. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Pelajar Sma N 3 Bantul. Skripsi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Cahyo, S.D. & Solicha. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Pelajar Dan Mahasiswa Di Jakarta. JP3I. Vol. 6 No.1

Jundana, A. 2020. Penerapan Strategi Self-Management dalam Konseling Kelompok Behavior Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII J di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. PD ABKIN JATIM Open Journal System. Vol.1 No.1

Mardiharto. 2019. Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Bidang Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Vol. 15 No.2

Putri, M. K, 2019. Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dan Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMK. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Tarigan, R.M.R. 2019. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Quality.

Ulfah & Arifudin, O. 2020. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia. Vol. 1 No.2


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar