Smart Book Berbasis Aplikasi Android sebagai Media Informasi dalam Strategi Mengelola Stres Belajar Siswa Di SMAN 13 Bone

Andi Syahrul Gunawan(1*), Abdullah Sinring(2), Abdullah Pandang(3), Muh. Fahmi Anugerah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i1.60807

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan media bimbingan belajar Smart Book berbasis aplikasi sebagai media informasi yang dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang susah dalam mengelola stres belajar yang ada dalam dirinya, kekurangan semangat dalam belajar, serta belum adanya media informasi mengenai strategi mengelola stres belajar yang dapat diperoleh oleh siswa di SMA Negeri 13 Bone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Model aplikasi smart book dalam memberikan strategi mengelola stres belajar siswa. (2) kelancaran aplikasi Smart Book dalam memberikan strategi dalam mengelola stres belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahap pengembangan. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 13 Bone sebanyak 30 responden selanjutnya uji coba kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis angket kebutuhan. Hasil penelitian diperoleh (1) Siswa membutuhkan layanan buku elektronik mengenai strategi mengelola stres belajar siswa. (2) Aplikasi smart book sebagai penyedia solusi layanan informasi dalam strategi mengelola stres belajar siswa, (3) Aplikasi smart book yang dikembangkan telah valid dan menunjukkan hasil kategori sangat praktis berdasarkan uji ahli dan uji kelompok kecil. Sehingga aplikasi ini sebagai media bimbingan belajar strategi mengelola stres siswa dinilai sangat layak sebagai media pendukung layanan bimbingan belajar

Keywords


Bimbingan Belajar, Aplikasi Smart Book, Stres Belajar

Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2013. Panduan Khusus Bimbingan dan Konseling, Pelayanan Arah dan Peminatan Peserta Didik. Yogyakarta: ABKIN

Ade, A.H, & Zikra Zikra. (2019)."Students Academic Stress and Implications in Counseling." Jurnal Neo Konseling. Vol.1 No.3. hal. 4

Arifin, A.A. 2018. Meminimalisir Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Vol.2 No.1

Aryani, F. 2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Edukasi Mitra Grafika

Barseli, M., Ifdil, I., Mudjiran, M., Efendi, Z. M., & Zola, N. (2020). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pengelolaan stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol.8 No.2, Hal: 72-78.

Borg, W. R., Gall, J. P., & Gall, M. D., & (2005). Appling Educational Research: A Practical Guide (5th ed.). London: Pearson Education.

Frazier, P., Liu, Y., Selvey, A., Meredith, L., & Nguyen-Feng, V.N. 2023. Randomized controlled trials assessing efficacy of brief web-based stress management interventions for college students during the COVID pandemic. Journal of Counseling Psychology, Vol.70 No.3. Hal. 314-324

Palangda, L., Mandey, L.J., Mamuaya, M.P., Ponamon, J.F. Monoarfa, H., & Jacobus, S. 2022. Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa Di SMK 1 Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol, 4 No. 6 Hal. 8655-8662.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian dan pengembangan untuk bidang pendidikan, manajemen, sosial, teknik: Research and development. Bandung: Alfabeta

Tohirin, 2007, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar