Profil Self-Regulated Learning siswa Kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar pada Proses Pembelajaran Daring

Akbar Naim Fadhlillah(1*), Suciani Latif(2), Abdullah Sinring(3), Muh Nur Alamsyah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v4i1.60802

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali profil Self-Regulated Learning (SRL) siswa kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar selama proses pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif serta menggunakan jenis penelitian metode survei dengan pendekatan deskriptif. Metode survei deskriptif adalah suatu pendekatan penelitian yang memilih sampel dari populasi tertentu dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, data dan informasi diperoleh dari responden melalui pengisian kuesioner. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas VIII dari SMPN 15 Kepulauan Selayar yang berjumlah 57 orang. Metode pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah kusioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat self-regulated learning siswa di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar terindikasi rendah dilihat dari beberapa masalah belajar berikut yakni terlambat mengikuti kelas, tidak mengikuti kelas, tidak menyelesaikan tugas dari guru serta siswa jarang memberikan respon balik ketika diberikan pertanyaan.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Annisa. 2017. Hubungan antara Self Efficacy dengan Self-Regulated Learning pada Siswa di pondok Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang.Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Medan Area : Medan.

Astatika, Fitria Dwi. 2018. Self-Regulated Learning Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 06 Muhammadiyah Dau. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.

Azmi. Shofiyatul. 2016. Self-Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. Seminar Asean Psikology & Humanity. Universitas Wisnuwardhana Malang: Malang.

Firda, Eka Agustina. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau dari Self Regulated Learning Pada Materi Fluida Statis di Masa Pandemi. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung

Kristiyani, Titik. 2016. Self-Regulated Learning (Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Latif, Suciani dkk. 2019. Solution-Focused Brief Counseling (Konseling Singkat berfokus Solusi): Panduan Meningkatkan Self-Regulated Learning siswa. Tangerang Selatan: CV. Iqra’Lana.

Mukhid, Abd. 2008. Strategi Self-Regulated Learning (Perspektif Teoritik). Jurnal Tadris Vol.3 No.2. Madura.

Najah, Afiatun. 2012. Self-Regulated Learning Mahasiswi Ditinjau Dari Status Pernikahan. Educational Psychology Journal. Vol. 1 No. 1. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Tarumasely, Yowelna, 2024. Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri (Panduan untuk Mengembangkan Self-Regulated Learning). Academia Publication: Lamongan

Utami, Sri Rahayu Dkk. 2020. Peningkatan Self-Regulated Learning Siswa Melalui Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Counselia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 10 No. 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar