Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X yang Terjadi Akibat Learning Loss dengan Teknik Sinema Terapi di SMAN 6 Sidrap

Edil Wijaya Nur(1*),

(1) SMAN 6 Sidrap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i2.50579

Abstract


Terjadi fenomena dimana siswa kelas X mengalami penurunan motivasi berprestasi akibat learning loss. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut maka guru BK melaksanakan Teknik Sinema Terapi dengan tujuan untuk melihat efektivitas Sinema Terapi dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa yang terjadi akibat learning loss di SMAN 6 Sidrap. Penelitian dilaksanakan dengan mengandalkan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Experimental Design. Pengambilan data menggunakan teknik observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada hasil penelitian didapatkan perbedaan mean gain score kelompok eksperimen sebesar 5,12 dan untuk kelompok kontrol sebesar 3,00. Sedangkan pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung 2.303 dengan df = 48 dibandingkan dengan t tabel 2,01 berarti 2.303 > 2,01. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja diterima (H1). Karena mean gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari mean gain skor kelompok kontrol, maka disimpulkan bahwa penggunaan Sinema Terapi dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMAN 6 Sidrap secara signifikan.

Keywords


Motivasi Berprestasi; Sinema Terapi; Learning Loss

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 404 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar