Layanan Konseling dalam Mereduksi Kecemasan Belajar melalui Pendekatan Eksistensial Humanistik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.47723
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Braun, S. S., Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (2020). Effects of teachers’ emotion regulation, burnout, and life satisfaction on student well-being. Journal of Applied Developmental Psychology, 69, 101151.
Fitri Haryanti, P. (2018). Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai budaya kesenian pencak silat dalam mereduksi perilaku agresif. In Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling) (Vol. 2, No. 1, pp. 104-112).
Handayani, S., D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif.6(1) 23-34.
Hudayana, E., Jannah, C., Hartinah, A. S., & Subhi, M. R. I. (2020). Menurunkan Kecemasan Belajar Santri Baru Melalui Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 37-45.
Halim, F. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Siswa Pendidikan Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. 2(2) 129-146.
Hasna, A. (2019). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial- Humanistik Untuk Melatih Penyesuaian Diri Melalui Randai Dari Minangkabau [Group Counseling Using An Existential-Humanistic Approach To Develop Self-Adjustment Combined With The Expressive Arts Techniques Of Randai Of Minangkabau]. POLYGOT: Jurnal Ilmiah. 15(1) 124-139.
He, D. (2018). Foreign language learning anxiety in china, theories and applications in english language teaching. Singapore: Spinger Nature.
Nugroho, I., S. (2018). Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai Budaya Jawa “narimo ing pandhum” untuk mereduksi kecemasan remaja di era disrupsi. In prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) (Vol. 2, No.1, pp. 46-54).
Nawangsari, N.A.F. 2001. Pengaruh self-efficacy dan expectancy-value terhadap kecemasan menghadapi pelajaran matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan: Insan Media Psikologi, 3 (2): 75-88.
Rufaedah, Any. (2012). Freud Tentang Manusia: Sebuah Pengantar. Malang: Averroes Press.
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14.
Sa’adah, D. Z. (2020). Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Kecemasan Terhadap Masa Depan. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(3), 112-118.
Sari, P., Bulantika, S. Z., Dewantari, T., & Rimonda, R. (2020). Effects of Stress Coping and Emotion Regulation on Student Academic Stress. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(1), 73–80.
Sharma, G., & Pandey, D. (2017). Anxiety, depression, and stress in relation to academic achievement among higher secondary school students.The International Journal of Indian Psychology, 4(2), 82-89.
Trisnani, R., P. (2017). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS.
Wijaya, R., S. (2014). Model Konseling Kelompok Eksistensial Humanistik untuk
Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Arah Peminatan SMA Negeri Semarang. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(2) 84-89
Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., Nur, I. R. D., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis faktor tingkat kecemasan, motivasi dan prestasi belajar Siswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 67-77.
Article Metrics
Abstract view : 219 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar