Konseling Behavioristik Teknik Modeling Simbolis dalam Mengentaskan Masalah Perilaku Tidak Sopan Siswa di SMPN 5 Banyuasin III

Tri Wulandari(1*), Abdul Saman(2), Putra Jaya(3), Muhammad Syawal Hikmah(4),

(1) SMPN 5 Banyuasin III
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 8 Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31125

Abstract


Pada masa SMP yang termasuk dalam masa remaja, merupakan masa pencarian jati diri, dimana perilaku yang tampak pada individu terkadang tidak disadari sebagai perilaku yang tidak sesuai. Sehingga diperlukan adanya pengentaskan terhadap siswa yang melakukan perilaku tidak sesuai khususnya dalam hal ini perilaku tidak sopan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam konseling individu ialah pendekatan behavioristik. Pendekatan ini memandang bahwa tingkah laku dipelajari ketika individu berinteraksi dengan lingkungan, melalui hukum-hukum belajar pembiasaan klasik, pembiasaan operan, dan peniruan. Terdapat beberapa teknik dalam pendekatan ini, salah satunya yaitu teknik modeling. Teknik modeling menunjukkan terjadinya proses belajar melalui pengamatan terhadap orang lain dan melakukan peniruan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik modeling simbolis dalam mengentaskan masalah perilaku tidak sopan pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh ialah siswa mempelajari perilaku-perilaku sopan melalui video yang ditayangkan kemudian menirukan perilaku itu serta menerapkannya dalam kehidupan. Kemudian siswa juga belajar mengurangi dan menghilangkan perilaku tidak sopan yang dimilikinya. Faktor utama yang mendukung ialah kesadaran dan keinginan siswa untuk melakukan perubahan terhadap perilakunya agar menjadi lebih baik. 

Keywords


Pendekatan behavioristik; Teknik Modeling Simbolis, Perilaku tidak sopan

Full Text:

PDF

References


Bolam, Loman, Imron A. Hakim dan Rusnawaty.2010 Pengantar Ilmu Pendidikan. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Nugraheni, Edwindha Prafitra. 2019. Modul 5: Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.

Wulandari, Tri, 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan terhadap Kemampuan Manajemen Waktu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Indralaya: Universitas Sriwijaya.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar