Penggunaan Teknik Genogram dalam Membantu Menentukan Pilihan Karir Siswa di SMAN 2 Barru
(1) SMA Negeri 2 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 8 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31122
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penggunaan teknik genogram dalam menentukan pilihan karir siswa melalui layanan konseling kelompok, layanan konseling kelompok meliputi tiga tahapan yaitu Tahap Pembentukan, Tahap Peralihan dan Tahap Inti. Teknik ini membantu siswa melewati tiga tahapan utama, yaitu Tahap prakonseling, konseling dan pasca konseling. Hasil penelitian dari teknik genogram sangat efektif, dengan menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengambil keputusan arah karir dan mampu mengkolaborasi pola pendidikan keluarga dan eksplorasi karir sesuai dengan pashion dari peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Corey, Gerald (E. Koswara. Penerjemah).1988. Teori dan Praktek dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Adi Verianto 2014. Jurnal Penerapan Model perkembangan Karir GINZBERG dengan menggunakan teknik modeling
Supriatna, Mamat.2008. Analisis Genogram Sebagai Alat Konseling Karir. UPI – Bandung
Hadi, S (2000). Metodologi penelitian (jilid 1). Yogyakarta
Endi, 2009. Peranan Sekolah dalam karer.http//www.endi.peranan-sekolah dalam karier. Di Akses 20 Maret 2013
Syarifuddin, M.Pd, 2016. Konseling Karier Di sekolah Menengah Atas. Jogjakarta: PT Media academi
Article Metrics
Abstract view : 45 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar