Penggunaan Konseling Individu Rational Emotive Behavior Therapy dalam Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Pulosari

Rian Ardi Pratama(1*), Suciani Latif(2), Rosmini Rosmini(3), Muhammad Nur Alamsyah(4),

(1) SMP Negeri 1 Pulosari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 13 Makassar
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31113

Abstract


Terdapat banyak teknik yang dapat digunakan dalam pelaksanaan konseling individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dengan metode permodelan  yang diterapkan pada konseli yang memiliki permasalahan motivasi belajar yang rendah pada konseli di SMP Negeri 1 Pulosari. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Simpulan dari penelitian ini yaitu konseli mampu merubah pola pikirnya yang selama ini menjadi permasalahan sehingga menurunkan motivasi belajarnya menjadi lebih baik dan berusaha untuk memperbaiki kesalahannya selama ini sehingga konseli dapat mengikuti kegiatan belajar secara normal kembali.

Keywords


Konseling Individu, REBT, Motivasi Belajar Rendah

Full Text:

PDF

References


Dewa Ketut Sukardi dan Nila Kusmawati. (2008). Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Erford, Bradley T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. terjemah oleh Helly P. Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret 2016. Page 1-5 p-ISSN: 2477-5916 e-ISSN: 2477-8370

Prayitno Dan Erman Amti. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta,

Purwati, I. (2017). Implementasi Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pada Peserta Didik Kelas Vii B Di Smpn 21 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Iain Raden Intan Lampung).

Syamsu Yusuf. (2016). Konseling Individual (Konsep Dasar dan Pendekatan), Bandung: Refika Aditama

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2016). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) Dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas Viii Smp Gajah Mada Bandar Lampung. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 191-205.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar