PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REALITA DENGAN PROSEDUR WDEP TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU POSITIF SISWA

Rodes Barma(1*), Muhammad Anas(2), Saniasa Saniasa(3), Muhammad Fahmi Anugerah(4),

(1) SMK Negeri 2 Kayuagung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 5 Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31096

Abstract


Pelaksanaan Bimbingan Konseling di sekolah adalah bertujuan untuk membantu siswa dalam  menemukan penyelesaian masalah pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depannya. Dalam hal ini Peran Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor sangat penting, karena dalam upaya menemukan penyelesaian pribadinya, mengenal lingkungannya, dan merencanakan masa depannya tidak jarang siswa menemukan berbagai hambatan dan kesulitan. Hambatan dan kesulitan ini dapat berpengaruh kepada perilaku siswa supaya  Hambatan dan kesulitan yang dihadapi oleh siswa ini dapat segera teratasi maka diperlukan sebuah konseling, dalam hal ini konseling individu. Untuk melihat pengaruh konseling individu dapat berpengaruh pada perilaku siswa maka akan dilaksanakan sebuah  penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Untuk menjalankan kasus ini peneliti menggunakan konseling individu dengan teknik realitas dengan prosedur WDEP. Sehingga dari data masalah siswa yang terjadi di SMK Negeri 2 Kayuagung  seperti : sering bolos, tidak mengerjakan tugas, nilai mata pelajaran tidak ada, datang terlambat, berkelahi serta bahkan ada yang terlibat dengan mengkonsumsi narkoba. Peneliti mendapatkan hasil pengaruh yang positif dari pelaksanaan konseling individu dengan menggunakan teknik realitas prosedur WDEP  ( Want Doing Evalution Planning ) dimana selama 3 kali pelaksanaan pertemuan kegiatan konseling individu ini di dapat  perubahan perilaku dari yang kurang baik berubah menjadi perilaku yang positif sehingga gejala-gejala permasalahan yang tampak siswa tidak terlihat lagi dan siswa atau konseli dapat mencapai rencana dan cita-cita dimasa yang akan datang.


Keywords


layanan konseling, konseling individu, perubahan perilaku

Full Text:

PDF

References


Munawaroh, Isniatun. 2019. Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nugraheni, Edwindha, Prafitra. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

https://materibelajar.co.id/pengertian-wawancara-menurut-para-ahli/

https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar