PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REALITA DENGAN PROSEDUR WDEP TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU POSITIF SISWA
(1) SMK Negeri 2 Kayuagung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 5 Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31096
Abstract
Pelaksanaan Bimbingan Konseling di sekolah adalah bertujuan untuk membantu siswa dalam menemukan penyelesaian masalah pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depannya. Dalam hal ini Peran Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor sangat penting, karena dalam upaya menemukan penyelesaian pribadinya, mengenal lingkungannya, dan merencanakan masa depannya tidak jarang siswa menemukan berbagai hambatan dan kesulitan. Hambatan dan kesulitan ini dapat berpengaruh kepada perilaku siswa supaya Hambatan dan kesulitan yang dihadapi oleh siswa ini dapat segera teratasi maka diperlukan sebuah konseling, dalam hal ini konseling individu. Untuk melihat pengaruh konseling individu dapat berpengaruh pada perilaku siswa maka akan dilaksanakan sebuah penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Untuk menjalankan kasus ini peneliti menggunakan konseling individu dengan teknik realitas dengan prosedur WDEP. Sehingga dari data masalah siswa yang terjadi di SMK Negeri 2 Kayuagung seperti : sering bolos, tidak mengerjakan tugas, nilai mata pelajaran tidak ada, datang terlambat, berkelahi serta bahkan ada yang terlibat dengan mengkonsumsi narkoba. Peneliti mendapatkan hasil pengaruh yang positif dari pelaksanaan konseling individu dengan menggunakan teknik realitas prosedur WDEP ( Want Doing Evalution Planning ) dimana selama 3 kali pelaksanaan pertemuan kegiatan konseling individu ini di dapat perubahan perilaku dari yang kurang baik berubah menjadi perilaku yang positif sehingga gejala-gejala permasalahan yang tampak siswa tidak terlihat lagi dan siswa atau konseli dapat mencapai rencana dan cita-cita dimasa yang akan datang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Munawaroh, Isniatun. 2019. Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Nugraheni, Edwindha, Prafitra. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
https://materibelajar.co.id/pengertian-wawancara-menurut-para-ahli/
https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/
Article Metrics
Abstract view : 151 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar