Penerapan Teknik Cognitive Restructuring dalam Menumbuhkan Tanggung Jawab Siswa melalui Layanan Konseling Individu

Zulfa Saleh(1*), Muhammad Anas(2), Saniasa Saniasa(3),

(1) SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMAN 19 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i2.31090

Abstract


Teknik Cognitive Restructuring dilakukan peneliti dalam praktik layanan konseling individu bertujuan untuk menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kewajibannya sebagai peserta didik. Tujuan penelitian untuk melihat hasil penerapan teknik Cognitive Restructuring dalam menumbuhkan tanggung jawab siswa.   Gejala yang terjadi di kalangan siswa berkaitan dengan   aktivitas sekolah daring. Perilaku kurang bertanggung jawab yang dimaksud antara lain ketidakhadiran dalam kelas daring tanpa ada keterangan, terlambat mengumpulkan tugas sampai tidak mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Dampak yang timbul dari tidak mengumpulkan tugas yang dilakukan siswa antara lain penilaian tengah semester yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Peneliti menerapkan Teknik Cognitive Restructuring terhadap 6 orang siswa dari berbagai kelas selama praktik konseling individu dalam waktu 1 bulan. Secara umum gejala perilaku tampak sama, tapi setelah didalami ada beberapa perbedaan sesuai dengan kondisi konseli. Simpulan utama adalah terdapat perubahan pemikiran yang tampak pada perilaku sesuai dengan keadaan siswa masing-masing. Perubahan tersebut antara lain adanya kehadiran di kelas online, pengumpulan tugas mulai bergerak, perubahan sikap siswa yang diamati oleh orang tua di rumah.


Keywords


Responsibility; Cognitive Restructuring.

Full Text:

PDF

References


Erford, Bradley T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. terjemah oleh Helly P. Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Indeks.

Kushendar, K., Maba, A. P., & Zahro, I. F. (2018). Perkembangan Konseling Pada Abad 21: Konselor Sebagai Profesi Yang Mengedepankan Tanggung Jawab Kehidupan Efektif Konseli. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(01), 43-50.

Laily Puji Astuti, Rio Hermawan, 2021, Teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa, dalam Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution Journal volume 2 Issue 01 ( 2021) hal. 10-21

Nugraheni, Edwindha Prafitra, 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengertian Tanggung Jawab, Lengkap dengan Contoh, Bentuk, dan Ciri-cirinya (detik.com)

Prayitno. 2018. Konseling Profesional yang Berhasil. Rajawali Pers.

Rahmawati, W. K. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 15-21. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/1636

Sharf, R.S. 2004. Theories of Psychotherapies and Counseling: Concepts and Cases. USA: Brooks/Cole.

Suwandi, Achmad. Dkk. 2015. Teknik dan Praktik Laboratorium Konseling. Mujahid Pers.


Article Metrics

Abstract view : 361 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar