Upaya Mengurangi Stres Akademik Siswa SMAN 2 Telukjambe Timur Melaui Konseling Individu Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy

Hendra Jaya Permana(1*), Suciani Latif(2), Rosmini Mannenni(3),

(1) SMAN 2 Telukjambe Timur
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SMP Negeri 13 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i2.31086

Abstract


Salah satu penyebab terjadinya stres akademik yakni disebakan faktor keyakinan irasional individu yang kecenderungannya memberikan dampak secara fisik,  emosi, intelektual atau interpersonal. Oleh karena itu, individu perlu mendapatkan strategi alternatif untuk membantu individu mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan menerapkan konseling individu melalui pendekatan REBT untuk mengurangi stres akademik siswa kelas XII SMAN 2 Telukjambe Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design dengan bentuk one-group pre-test and post-test design dan pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan simple matching. Teknik pengumpulan data berupa angket stres akademik dengan jumlah subjek penelitian 5 siswa yang termasuk kategori tinggi pada skor stres akademik. Berdasarkan hasil perhitungan mean terdapat penurunan skor stres akademik yakni mean Pre-tes sebesar 212,6 dan mean Post-test sebesar 186,5 sehingga menunjukkan selisih penurunan skor sebesar 26. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji wilcoxson dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24 dan hasil asymp.Sig. (1-tailed) menunjukkan sebesar 0,022. Apabila mengacu pada ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka hasil menunjukkan bahwa 0,022 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, berdasarkan hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling individu pendekatan rational- emotive behavior therapy dapat mengurangi stres akademik siswa kelas XII SMAN 2 Telukjambe Timur.


Keywords


REBT, Stres Akademik, Konseling Individu

Full Text:

PDF

References


Aryani, Farida. 2016. Stres Belajar: Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Palu: Edukasi. Mitra Grafika.

Azwar, Saifuddin. 2016. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eford, Bradley T. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Terjemahan Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A., Dra. Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanum, Latifa. 2016. Hubungan Antara Harapan Orang Tua dan Keyakinan Diri Dengan Stress Akademik Siswa Kelas Unggulan. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Hartono & Soedarmadji, Boy. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Komalasari, Gantina., Wahyuni, Eka., & Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Nursalim, Mochamad. 2014. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Noviari, Veronica Kurnia Nesti. 2013. “Identifikasi Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa RSBI Kelas VIII di SMPN 8 Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Oon, Alvin Ng Lai. 2007. Mengatasi Stress Belajar. Terjemahan Juliska Gracinia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prayitno & Amti, Erman. 2013. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling (Cetakan ketiga). Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, Budi & Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press. Sarwoko. 2007. Statistik Inferensi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar