Keefektifan Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Menurunkan Perilaku Terlambat Siswa

Ari Dwi Rahmawati(1*),

(1) SMK Negeri 1 Sambeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.31061

Abstract


Hal yang mendasari peneletian ini adalah terdapat siswa-siswa SMK negeri 1 Sambeng yang sering terlambat sekolah. Hal ini disebabkan karena siswa-siswa tersebut begadang dimalam hari, sehingga bangun kesiangan dan akhirnya siswa tersebut terlambat datang disekolah. Inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling individu menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik Self Managemet untuk menurunkan perilaku terlambat siswa kelas XI-TKR I di SMKN 1 Sambeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan behavioral yaitu sutau pendekatan yang berfokus pada perilaku yang tampak dan spesifik. Dalam konseling pendekatan behavioral ini konseli belajar perilaku baru dan mengeliminasi perilaku maladaptif, memperkuat dan mempertahankan perilaku yang diharapkan. Sedangkan teknik Self Management merupakan prosedur dimana individu dapat mengatur perilakunya sendiri. Melalui konseling individu dengan pendekatan behavioral ini, diharapkan siswa dapat mengatur dirinya sendiri, mengelola waktunya dengan baik, sehingga tidak lagi terlambat datang ke sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individu menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik Self Management efektif untuk menurunkan perilaku terlambat siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dan observasi setelah proses konseling individu dilakukan.

Keywords


Behavioral, Self Management, PerilakuTerlambat Siswa

Full Text:

PDF

References


Adegunju, K. A., Ola-Alani, E. K., & Agubosi, L. A. (2019). Factors Responsible for Students’ Lateness to School as Expressed by Nigerian Teachers in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 185-197.

https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17040

Amin, Z. N. (2017). Portofolio Teknik-Teknik Konseling (teori dan contoh aplikasi penerapan). Unnes, May.

Bataineh, M. Z. (2014). A Review of Factors associated with Student ’s Lateness Behavior and Dealing Strategies. Journal of Education and Practice, 5(2), 1–7.

Cormier, W. H., & Cormier, L. S. (1985). Interviewing Strategies For Helpers Fundamental Skill and Behavioral Interventions.2 ed. Monterey. California: Publishing Company.

Gata, W., Grand, G., Fatmasari, R., Baharuddin, B., Patras, Y. E., Hidayat, R., Tohari, S., & Wardhani, N. K. (2019). Prediction of Teachers’ Lateness Factors Coming to School Using C4.5, Random Tree, Random Forest Algorithm. 258 (Icream 2018), 161–166.

https://doi.org/10.2991/icream-18.2019.34

Gelfand, M. J., & Jackson, J. C. (2016). From one mind to many: The emerging science of cultural norms. Current Opinion in Psychology, 8, 175–181.

https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.11.002

Gie, T. L. (2000). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gomez, S. J. (2017). Self-Management Skills of Management Graduates. International Journal of Research in Management & Business Studies, 4(3), 40–45.

http://ijrmbs.com/vol4issue3/savilene.pdf

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Latifah, L. (2019). Effectiveness of self management techniques to reduce truant students in middle school. Konselor, 8(1), 17.

https://doi.org/10.24036/0201981103804-0-00.

Maile, S., & Olowoyo, M. M. (2017). The Causes of Late Coming among High School Students in Soshanguve, Pretoria, South Africa. Pedagogical Research, 2(2), 1–11.

https://doi.org/10.20897/pr/80951.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani, A. (2017). Peningkatan Kehadiran Siswa kelas XI Pemasaran 2 Menggunakan Konseling Perorangan Teknik Eklektik. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 167. https://doi.org/10.29210/120000

Muratama, M. S. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1–8.

https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793

Nakpodia, E. D,. & Dafiaghor, F. K. (2011). Lateness: A Major Problem Confronting School Administrators in Delta State, Nigeria. International Journal of Science and Technology Education Research Vol. 2 (4), 58-61.

https://doi.org/10.5897/NGOJ11.011

Nurazmi, R., & Kurniawan, K. (2016). Meningkatkan Motivasi Berprestasi Rendah Melalui Konseling Behavior Teknik Self Management. Indonesian Journal of Guidance and Counselling 5 (4) (2016), 26-32.

Nurzaakiyah, S,. & Budiman, N. (2013). Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Body Dysmorphic Disorder. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 13-39.


Article Metrics

Abstract view : 670 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar