Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengatasi Persepsi Negatif Siswa SDN Purwodadi I

Heffilia Wijayanti(1*), Abdul Saman(2), Putra Jaya(3),

(1) SD Negeri Purwodadi I
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 8 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.31059

Abstract


Siswa ketika berada di sekolah sering mengalami masalah. Masalah yang dialami juga cukup beragam, mulai masalah pribadi, sosial, belajar maupun karir. Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut membuat siswa merasa terganggu dan tidak nyaman bahkan mempengaruhi nilai serta kegiatan belajarnya di sekolah. Beberapa siswa mengalami permasalah berkaitan dengan persepsi-persepsi negatifnya terhadap sesuatu hal, baik itu terhadap guru maupun persepsi negatif terhadap temannya, sehingga membuatnya terganggu dan menimbulkan penurunan nilai dibeberapa mata pelajaran. Dengan adanya masalah tersebut, konselor memberikan layanan konseling individu dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif. Untuk teknik restrukturisasi kognitif ini terdiri dari enam tahapan, diantaranya: tahap rasional, identifikasi pikiran konseli, pengenalan dan latihan coping thought, peralihan dari pikiran-pikiran negatif ke coping thought, pengenalan dan latihan penguatan positif, serta yang terakhir tugas rumah dan tindak lanjut. Dengan penerapan teknik ini, dapat merubah pemikirian atau persepsi negatif siswa menjadi lebih positif. Hal ini terjadi pada siklus 1, siklus 2, dan juga siklus 3 dimana siswa mampu mengubah persepsi negatifnya menjadi lebih positif.


Keywords


Kognitif behavior terapi, rekonstruksi kognitif, persepso negatif

Full Text:

PDF

References


Afradipta, Debby. (2021). Restrukturisasi kognitif untuk mengurangi gejala kecemasan pada wanita yang mengalami premenopause. Ejournal, from: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/procedia/article/download/15688/8965/46758.

Aminullah, Ramli, M., & Hidayah, Nur. (2018). Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Problem Based Coping untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa: Studi Komparatif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Volume 3 Nomor 2 Desember 2018 hlm 139-150, from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/6096/3531.

Fahmi, Dzul. (2020). Persepsi: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Hurlock, Elizabeth B. (1998). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Nugraheni, Edwindha Prafitra. (2019). Pendalaman Materi Bimbingan Dan Konseling Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Santoso, Djoko Budi. (2009). Modul: Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Yusadri., Rahmi, Alfi., & Sari, Intan. (2020). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Individual untuk Mereduksi Perilaku Merokok. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol. 3, No 2, 56-66, from : https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4955.


Article Metrics

Abstract view : 259 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar