Profesionalisme Guru BK Melaksanakan Konseling Individu dengan Pendekatan REBT dalam Mengatasi Kesedihan Siswa

Faskhau Maulvi Alim(1*), Abdul Saman(2), Putra Jaya(3),

(1) SMA Kesatrian 1 Semarang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.31053

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesedihan siswa yang ditinggal orangtua sudah terlaksana sesuai prosedur tahapan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Kesatrian 1 Semarang. Data yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulannya menggunakan rekaman konseling, ceklis keterlaksaaan tahapan dan teknik konseling serta wawancara terhadap siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain : 1) perencanaan penelitian dirancang dengan baik, 2) pelaksanaan kegiatan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesedihan siswa yang ditinggal orangtua semakin terarah dan rapi, 3) merefleksikan kendala yang ditemukan pada setiap siklus serta mengatasi kendala tersebut pada siklus selanjutnya, 4) setelah mengikuti konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy, siswa mengalami perubahan pikiran menjadi lebih rasional. Hal tersebut mencerminkan keberhasilan pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesedihan siswa yang ditinggal orangtua.


Keywords


Profesionalisme Guru BK, Konseling Individu, Rational Emotive Behavior Therapy

Full Text:

PDF

References


Bengi, R M. (2018). Konsep Pemikiran Irrasional Albert Ellis dalam Teori Rational Emotive Behavior Therapy menurut Perspektif Islam. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Hajati, K. 2010. Model Program Peningkatan Kompetensi Konselor Sekolah Menengah Atas Berbasis Standar Kompetensi Konselor Indonesia. Disertasi Doktor pada SPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Sloboda, J A. & Juslin, P N. 2001. Music and Emotion: Theory and Research. New York: Oxford University Press.

Strongman, K T. 2003. The psychology of Emotion: From Everyday Life to Theory. England: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Suwarjo. 2012. Keterampilan Konseling Individu (Modul PLPG Bimbingan dan Konseling Rayon 11). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Wilis, S S. 2007. Teori dan Praktek Konseling Individual. Bandung : Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar