Penerapan Teknik Positive Reinforcement melalui Konseling Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Di SMPN 1 Anggeraja

Suhaini Heny(1*), sulaiman samad(2), Rosmini Rosmini(3),

(1) SMP Negeri 4 Simbuang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 13 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31030

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan teknik positif reinforcement untuk mengatasi perilaku membolos siswa melalui konseling kelompok. Subjek dalam konseling kelompok ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Anggeraja yang berjumlah 6 siswa yang menunjukkan perilaku membolos tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawancara menyatakan bahwa konseli sudah banyak menunjukkan perubahan perilaku ke arah positif. Ini membuktikan bahwa teknik penguatan positif efektif untuk mengatasi perilaku membolos siswa.


Keywords


Perilaku Membolos, Positif Reinfocement, Konseling Kelompok

Full Text:

PDF

References


Slamet, dkk (2016), Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs, Yogyakarta, Paramitra Publishing.

Sutoyo, Anwar. (2013). Bimbingan dan Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartowagiran, Badrun. 2005. “Dasar – Dasar Penelitian Tindakan” Makalah disampaikan dalam Penyegaran Penelitian Tindakan bagi Dosen IKIP PGRI Yogyakarta, 12 April 2005

Auzan, M. (2020) “Metode Pendekatan – Pendekatan Dalam Konseling”. Makalah. Jakarat: Universitas Persada Indonesia Y.A.I


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar