Penerapan Teknik Positive Reinforcement melalui Konseling Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Di SMPN 1 Anggeraja
(1) SMP Negeri 4 Simbuang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 13 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.31030
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan teknik positif reinforcement untuk mengatasi perilaku membolos siswa melalui konseling kelompok. Subjek dalam konseling kelompok ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Anggeraja yang berjumlah 6 siswa yang menunjukkan perilaku membolos tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawancara menyatakan bahwa konseli sudah banyak menunjukkan perubahan perilaku ke arah positif. Ini membuktikan bahwa teknik penguatan positif efektif untuk mengatasi perilaku membolos siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Slamet, dkk (2016), Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs, Yogyakarta, Paramitra Publishing.
Sutoyo, Anwar. (2013). Bimbingan dan Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartowagiran, Badrun. 2005. “Dasar – Dasar Penelitian Tindakan” Makalah disampaikan dalam Penyegaran Penelitian Tindakan bagi Dosen IKIP PGRI Yogyakarta, 12 April 2005
Auzan, M. (2020) “Metode Pendekatan – Pendekatan Dalam Konseling”. Makalah. Jakarat: Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Article Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar