Penggunaan Teknik Genogram dalam Menentukan Pilihan Karir Kelas XII SMAN 2 Barru melalui Konseling Kelompok

Amiluddin Amiluddin(1*), Muhammad Anas(2), Putra Jaya(3),

(1) SMA Negeri 2 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.31028

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penggunaan teknik genogram dalam menentukan pilihan karir siswa melalui layanan konseling kelompok, layanan konseling kelompok meliputi tiga tahapan yaitu Tahap Pembentukan, Tahap Peralihan dan Tahap Inti. Teknik ini membantu siswa melewati tiga tahapan utama, yaitu Tahap prakonseling, konseling dan pasca konseling. Hasil penelitian dari teknik genogram sangat efektif, dengan menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengambil keputusan arah karir dan mampu mengkolaborasi pola pendidikan keluarga dan eksplorasi karir sesuai dengan pashion dari peserta didik.


Keywords


Teknik Genogram; Karier; Konseling

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (1988). Teori dan Praktek dan Psikoterapi. alih bahasa oleh E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama

Adi Verianto (2014). Jurnal Penerapan Model perkembangan Karir GINZBERG dengan menggunakan teknik modeling

Supriatna, M. (2008). Analisis Genogram Sebagai Alat Konseling Karir. UPI – Bandung

Hadi, S. (2000). Metodologi penelitian (jilid 1). Yogyakarta

Endi. (2009). Peranan Sekolah dalam karer.http//www.endi.peranan-sekolah dalam karier. Di Akses 20 Maret 2013

Syarifuddin. (2016). Konseling Karier Di sekolah Menengah Atas. Jogjakarta: PT Media academi


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar