Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Konseling Kelompok untuk Mengatasi Emosi Marah pada Siswa di SMA Negeri 3 Bantaeng

Rosmawati Syam(1*), Abdul Saman(2), Saniasa Saniasa(3),

(1) SMA Negeri 3 Bantaeng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 19 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.30898

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku emosi negatif siswa di SMA Negeri 3 Bantaeng Kabupaten Bantaeng; dan (2) Untuk mengetahui efektifitas penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy melalui konseling kelompok dalam mengatasi perilaku mudah marah/ emosi negatif siswa di SMA Negeri 3 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) melalui layanan konseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantaeng sebanyak 8 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yang dilakukan secara berurutan yaitu: a) mereduksi data, b) menyajikan data, dan c) menarik kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perilaku emosi negatif siswa di SMA Negeri 3 Bantaeng Kabupaten Bantaeng yaitu mudah marah; (2) Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam konseling kelompok efektif mengatasi perilaku mudah marah/ emosi negatif siswa di SMA Negeri 3 Bantaeng Kabupaten Bantaeng.


Keywords


Rational Emotive Behaviour Therapy, konseling kelompok, perilaku mudah marah/ emosi negatif siswa.

Full Text:

PDF

References


Jalal, F. (2007). Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu. Universitas Negeri Medan.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Pasca Sertifikasi). Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling: Bimbingan Konseling Kelompok. Semarang: Bimbingan Konseling Unnes.

Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling. Depok: Rajagrafindo Persada.

Trianto., Tutik. (2007). Sertifikasi Guru dan Upaya Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sari. K.G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. PT Indeks. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta, Bandung, Cet. Ke 16.

Sukirman. (2011). Metode Pemilihan Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramita.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar